Latest Updates

Penyebab rambut rontok

Rambut adalah mahkota bagi setiap manusia, hal ini berlaku tidak hanya bagi wanita namun juga pria. Dengan rambut yang sehat akan semakin membuat kita kian percaya diri. Namun jika suatu saat kita mendapati rambut kita rontok, kemungkinan ada beberapa kesalahan yang telah kita lakukan dan mungkin saja kita tidak menyadarinya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab rambut rontok.

Penyebab rambut rontok
Alain Schroeder / getty images

Beberapa faktor yang menjadi penyebab rambut rontok tersebut diantaranya adalah :

Stres
Stres merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi timbulnya masalah rambut rontok. Dengan konsisi pikiran yang terlalu terbebani akan sangat mengganggu pertumbuhan rambut kepala kita. Selain itu pola makan yang tidak sehat juga sering dikaitkan dengan masalah rambut rontok.

Efek dari mengkonsumsi obat
Perlu kita ketahui bahwa beberapa jenis obat-obatan kimia yang dijual bebas di pasaran juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah rambut rontok. Beberapa jenis obat-obatan kimia tersebut contohnya : Mengkonsumsi vitamin A secara berlebihan, obat untuk penyakit asam urat, obat anti-stress, dll.

Infeksi pada kulit kepala
Infeksi pada kulit kepala bisa menyababkan terjadinya kerontokan rambut. Ada beberapa penyebab terjadinya infeksi pada kulit kepala, salah satunya adalah karena jamur. Jamur bisa bebas tumbuh dan berkembang biak di kulit kepala, kemungkinan disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan pada kulit kepala. Bisa juga karena shampo yang kita pakai tidak cocok dengan jenis kulit kepala kita.

Hamil
Pada masa kehamilan dan pasca melahirkan, terjadinya kerontokan pada rambut kepala adalah sesuatu yang wajar (normal). Hal ini bukanlah suatu kelainan / penyakit, kondisi rontoknya rambut pada masa kehamilan dan pasca melahirkan ini sering disebut dengan telogen effluvium. Kondisi seperti ini akan normal dengan sendirinya, jadi jika kita (wanita) mengalami masalah rambut rontok pada periode ini (hamil dan pasca melahirkan), tidak perlu khawatir karena kondisi ini adalah normal.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya rambut rontok :
  • Sebisa mungkin kita harus menghindari stres. Semua orang pernah punya masalah, namun semuanya itu juga ada penyelesaiannya. Cobalah untuk meluangkan waktu bersantai / rekreasi bersama orang-orang tercinta diakhir pekan agar otak dan suasana hati kita kembali ceria.
  • Jika kita mengkonsumsi obat-obatan kimia seperti tersebut diatas dan kita mengeluhkan rambut rontok, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah kita memang benar-benar tidak cocok dengan obat yang telah kita konsumsi tersebut.
  • Selalu menjaga kebersihan kulit kepala, misalkan dengan mencuci rambut secara teratur. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan janis shampo tertentu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter / pakar rambut terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis shampo apa yang paling cocok untuk rambut kita.
Demikian beberapa faktor yang merupakan penyebab rambut rontok, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya .....................

0 Response to "Penyebab rambut rontok"

Posting Komentar