Latest Updates

Penyebab rambut beruban di usia muda

Rambut putih (rambut beruban) selalu identik dengan manula. Jika kita melihat seseorang sudah memiliki uban, hal tersebut menunjukan orang yang bersangkutan sudah cukup tua. Benarkah demikian? Pernahkah melihat seseorang yang masih tergolong muda bahkan masih anak-anak memiliki beberapa rambut yang sudah berwarna putih?

Penyebab rambut beruban di usia muda

Nah, masihkah kita membenarkan pemikiran bahwa rambut beruban selalu identik dengan usia tua? Rambut putih atau sering dikenal dengan nama "uban" tidak selalu terkait oleh usia tua, orang yang masih tergolong muda pun memiliki kemungkinan yang sama untuk "terserang uban".

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, munculnya uban bisa disebabkan oleh stres. Orang yang memiliki kesibukan yang tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk terserang uban. Menurut
dr Mayumi Ito dari New York University, Ada hubungan antara stres saat bekerja dengan pigmentasi kulit kepala. Hormon stres menyebabkan munculnya pigmentasi di kulit kepala yang pada akhirnya dapat menyebabkan rambut beruban.

Jika seseorang sudah memiliki uban (akibat stres saat bekerja), rambut tersebut tidak akan kembali lagi seperti semula (hitam). Mereka akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Namun, sebenarnya kita dapat menghindari kemungkinan buruk tersebut (uban) dengan beberapa cara :

Mengontrol waktu kerja
Otak kita bukanlah mesin, saat kita benar-benar merasa stres akan lebih baik jika kita mencari suasana baru atau beristirahat sejenak. Hal ini bertujuan agar hormon stres tidak diproduksi secara berlebihan oleh tubuh sehingga kemungkinan terserang rambut uban akan dapat diminimalisir.

Tidur yang cukup
Saat pulang kerumah adalah waktu yang tepat untuk beristirahat, menghindari kerja lembur merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindari stres.

Sarapan bergizi
Asupan gizi yang cukup saat sarapan pagi akan membuat kita lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan kita. Sarapan bergizi juga membantu otak kita untuk dapat bekerja dengan maksimal.

Mendengarkan musik klasik
Saat kita merasa jenuh dalam menyelesaikan pekerjaan, disarankan untuk memutar beberapa musik klasik. Musik klasik dipercaya mampu memberikan perasaan tenang sehingga dapat menghindarkan kita dari stres.

0 Response to "Penyebab rambut beruban di usia muda"

Posting Komentar