Latest Updates

Cara untuk mencegah sakit maag

Pernah merasakan perut terasa mual, perut kembung dan perih? Jika iya maka kemungkinan besar hal tersebut adalah gejala dari sakit maag, penyakit ini sudah sangat familiar terdengar ditelinga kita dn mungkin hampir semua orang pernah disinggahi oleh penyakit maag ini. Meskipun penyakit maag ini bukanlah penyakit yang mematikan, namun tetap saja penyakit ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Untuk itulah sebisa mungkin kita harus menghindari penyakit maag ini. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara untuk mencegah sakit maag tersebut.

Cara untuk mencegah sakit maag
Paul Bradbury / getty images

Beberapa cara untuk mencegah sakit maag antara lain :

Pola makan teratur
Mengatur pola makan adalah salah satu hal yang penting untuk mencegah penyakit maag datang. Umumnya kita sering mengabaikan jam makan dengan alasan sibuk, dengan kondisi pikiran kita yang terlalu penuh bisa jadi perasaan lapar menjadi terabaikan. Akibatnya perut kita mulai mengalami kelainan dan lama-kelamaan menjadi sebuah penyakit lambung (contoh : maag).

Menghindari kopi dan alkohol
Ada alasan yang kuat mengapa kita harus menjauhi kopi (minuman berkafein) dan alkohol. Kopi atau minuman berkafein lainnya akan membuat perut kita selalu merasa kenyang, padahal faktanya perut kita sangat lapar dan memerlukan asupan makanan untuk diolah menjadi energi. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat memperburuk kondisi lambung (dapat menyebabkan penyakit maag kronis)

Istirahat yang cukup
Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa terlalu sering begadang juga dapat menjadi penyebab datangnya penyakit maag. Apapun alasanya, begadang tiap malam tidaklah sehat. Bukan hanya dapat menyebabkan penyakit maag, namun juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit berbahaya lainnya (contoh : darah rendah, kanker dll)

Stres
Stres secara tidak langsung juga dapat menyebabkan penyakit maag lho. Dengan keaadaan pikiran yang kacau, dapat membuat pola makan kita berantakan. Nah, seperti yang telah kita bahas tadi, pola makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyabab utama dari sakit maag.

Demikian pembahasan artikel yang berjudul cara untuk mencegah sakit maag. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang penyebab sakit maag, silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat ................

0 Response to "Cara untuk mencegah sakit maag"

Posting Komentar