Latest Updates

Obat untuk sakit flu

Penyakit yang satu ini sudah sangat familiar terdengar ditelinga kita dan mungkin kita adalah salah satu "langganan" tahunan dari penyakit tersebut. Ya siapa lagi kalau bukan sakit flu, hampir semua orang pernah merasakan penyakit ini. Umumnya flu menyerang kita pada saat musim penghujan yang identik dengan udara dingin, jika daya tahan tubuh kita sedang drop maka akan sangat mudah bagi penyakit flu untuk singgah di tubuh kita. Lalu Apakah kita harus selalu mengkonsumsi obat-obatan untuk mengusir penyakit ini? Obat untuk sakit flu ini tidak harus menggunakan bahan kimia lho, kita dapat menggunakan beberapa tips sederhana untuk mengusir penyakit ini.

Obat untuk sakit flu
Elisabeth Coelfen / GETTY IMAGES

Berikut ini ada beberapa tips sederhana yang dapat kita pakai sebagai obat untuk sakit flu, yakni :

Istirahat secukupnya
Saat kita terkena serangan flu, tubuh kita terasa lemah untuk melakukan pekerjaan seperti biasa. Hal ini sangat wajar, tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuh. Dengan istirahat yang cukup akan semakin mempercepat proses penyambuhan dari sakit flu.

Minum secukupnya
Influenza dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan air atau biasa dikatakan dehidrasi. Namun kebanyakan orang tidak sadar akan hal ini, rasa lelah dan lemas yang biasa kita rasakan pada saat sakit flu adalah efek dari dehidrasi tersebut. Untuk itulah meskipun pada saat sakit flu kita merasa kurang berselera untuk minum, usahakan untuk tetap minum sesuai porsi (sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman dengan campuran madu atau teh herbal untuk mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan).

Sup ayam
Menikmati semangkuk sup ayam hangat saat musim penghujan adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Tubuh kita akan terasa hangat, selain itu menurut sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Chest (2000) mengkonsumsi sup ayam sangat bermanfaat untuk meringankan sakit tenggorokan atas.

Ikuti kata hati
Nah, seringkali kita meremehkan sakit flu dengan memaksakan untuk tetap beraktivitas seperti saat kita sedang sehat. Hal ini justru akan membuat kondisi tubuh kita semakin drop( karena tubuh kita yang seharusnya memerlukan istirahat yang cukup dan jika dipaksa untuk tetap beraktivitas melebihi kemampuannya akan semakin memperparah penyakit).

Asupan vitamin C yang cukup
Vitamin C adlah salah satu faktor penting yang dapat menunjang sistem kekebalan tubuh kita. Jika kekebalan tubuh kita normal, maka kemungkinan untuk terkena sakit flu pun akan semakin kecil. Kita dapat memperoleh asupan vitamin C dari beberapa buah-buahan seperti jeruk, pisang, mangga dll.

Demikian beberapa tips yang bisa kita coba sebagai obat untuk sakit flu. Bagaimanapun mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, untuk itulah sebaiknya kita selalu menjaga kondisi tubuh kita agar senantiasa jauh dari penyakit.

Semoga artikel ini bermanfaat ..................

0 Response to "Obat untuk sakit flu"

Posting Komentar