Latest Updates

Cara mengobati gatal kulit

Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mahluk Tuhan lainnya. Salah satu anugerah Tuhan bagi manusia yang sungguh luar biasa manfaatnya adalah kulit. Ya, kita dapat merasakan dan membedakan panas dan dingin karena kulit kita berfungsi dengan normal. Pernah merasakan gatal pada kulit? Jika iya, maka hal ini sangat wajar mengingat kulit manusia juga sensitif terhadap beberapa faktor. Rasa gatal pada kulit bukan berarti tidak daat diobati lho, ada banyak cara mengobati gatal kulit yang bisa kita lakukan.

Cara mengobati gatal kulit
art-4-art / getty images

Tapi, sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengobati gatal kulit, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu tentang penyebab gatal kulit. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa gatal pada kulit, diantaranya adalah : iritasi, suhu dingin (alergi), pemakaian kosmetik yang tidak cocok, gigitan serangga dll.

Nah, setelah kita mengetahui penyabab gatal pada kulit, mari sekarang kita mencari solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut (gatal pada kulit). Beberapa diantara sekian cara untuk mengobati rasa gatal pada kulit tersebut diantaranya adalah :

Menggunakan daun mahkota dewa
Daun mahkota dewa telah dipercaya secara turun temurun untuk mengobati rasa gatal pada kulit manusia. Cara penggunaan daun mahkota dewa pun terbilang cukup mudah, cukup dengan menggiling daun nya kemudian membalurkan pada bagian kulit yang terasa gatal. Mengenai kandungan apa saja yang ada dalam daun mahkota dewa sehingga dapat berfungsi sebagai obat untuk kulit gatal, silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Menggunakan kulit kayu kamboja
Daun kamboja juga disinyalir memiliki fungsi yang hampir sama dengan daun mahkota dewa, yakni dapat meringankan gejala gatal-gatal pada kulit kita. Cara penggunaannya pun sama dengan daun mahkota dewa, kita cukup menghaluskan kulit kayu kamboja ini kemudia membalurkannya pada kulit yang terasa gatal.

Menggunakan daun salam
Daun salam sering dikenal sebagai bumbu dapur. Ya hal ini sangat wajar, mengingat bahwa daun salam memiliki aroma yang khas sehingga dapat kita manfaatkan sebagai penyedap aroma pada makanan (khususnya kue). Ternyata daun salam ini juga dapat kita gunakan untuk obat gatal kulit lho, cukup dengan mengaluskan daun salam ini kemudian meratakannya pada permukaan kulit yang terasa gatal.

Nah, beberapa tips atau cara mengobati gatal kulit tersebut sangat mudah dilakukan bukan. Selain itu bahan-bahannya (daun-daunan) juga mudah diperoleh disekitar kita, jika ingin mengetahui informasi atau ingin memastikan fungsi daun-daunan tersebut untuk obat gatal kulit, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Semoga artikel ini bermanfaat ............

0 Response to "Cara mengobati gatal kulit"

Posting Komentar