Latest Updates

Manfaat mengkonsumsi sayuran hijau

Salah satu penentu kesehatan kita adalah cara kita untuk menjalani kehidupan atau sering disebut dengan gaya hidup. Seperti yang telah kita ketahui bahwa gaya hidup sehat sangat berpengaruh untuk menunjang dan melindungi kesehatan kita dan salah satu gaya hidup sehat yang bisa kita terapkan adalah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah sayuran. Ya manfaat mengkonsumsi sayuran hijau sangatlah banyak.

Manfaat mengkonsumsi sayuran hijau
Martin Barraud / getty images

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi sayuran hijau untuk kesehatan kita adalah :
  • Sayuran banyak mengandung zat antioksidan yang sangat berperan dalam menangkal radikal bebas. Dengan demikian, tubuh kita akan terlindungi dari reaksi oksidatif yang sangat merugikan tubuh. Perlu kita tahu bahwa semakin hijau warna sebuah sayuran maka semakin tinggi pula kandungan zat antioksidannya.
  • Sayuran hijau kaya akan serat yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau secara teratur, kita akan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit dan infeksi saluran pencernaan lainnya.
  • Sayuran hijau sangat baik untuk diet karena sayuran hijau rendah akan kalori. Setiap satu porsi sayuran hijau hanya memiliki kandungan kurang dari 25 kalori, selain itu mengkonsumsi sayuran hijau juga dapat memberikan kita rasa kenyang lebih lama sehingga sayuran hijau sangat cocok untuk kita yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.
  • Dengan kandungan zat hijau daun (klorofil), membuat sayuran hijau sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit kanker. Zat hijau daun dalam sayuran mampu meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh kita sehingga benih-benih kanker dalam tubuh tidak akan dapat berkembang.
  • Seperti yang kita tahu bahwa sayuran hijau mengandung serat kasar yang sulit diuraikan oleh pencernaan manusia. Serat yang sulit dicerna ini akan sangat bermanfaat sekali untuk menyerap zat-zat sisa dalam usus kemudian mendorongnya keluar sebagai kotoran.
  • Beberapa jenis sayuran hijau bahkan memiliki kandungan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Salah satu contoh sayuran hijau yang banyak mengandung kalsium antara lain : sayuran bayam, sawi dan brokoli.
Demikian beberapa diantara sekian banyak manfaat mengkonsumsi sayuran hijau untuk kesehatan kita. Jadi, untuk kesehatan kita tidak ada alasan untuk tidak suka pada sayuran hijau.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ..........

0 Response to "Manfaat mengkonsumsi sayuran hijau"

Posting Komentar