Latest Updates

Penyebab kegemukan

Pembaca artikel yang berjudul Penyebab kegemukan sekalian, insomnia adalah suatu penyakit gangguan tidur yang cukup membuat penderitanya resah dan tersiksa. Penderita insomnia ini akan kesulitan untuk tidur selama beberapa waktu atau bahkan bisa beberapa hari. Jika insomnia ini dibiarkan sampai berlarut-larut akan dapat membawa efek buruk bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami gangguan pada kesehatan, bahkan insomnia dapat menyebabkan kegemukan lho.

Penyebab kegemukan
Nisian Hughes / Getty Images

Sudah menjadi rahasia umum jika insomnia menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan. Saat kita tidur, tubuh akan melakukan detoksifikasi untuk menjaga kestabilan kesehatan kita dan jika kita tidak bisa tidur dengan normal maka kemungkinan proses detoksifikasi tidak bisa dilakukan. Itulah sebabnya mengapa insomnia dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia. Namun jika salah satu penyebab kegemukan adalah karena insomnia, maka hal itu merupakan sebuah tanda tanya besar. Adakah hubungan antara kesulitan untuk tidur dengan kenaikan berat badan?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Matthew Walker, orang-orang yang mengalami insomnia lebih suka untuk memilih dan menikmati makanan tinggi kalori (junk food). Mengkonsumsi makanan tinggi kalori sangat mempengaruhi pertambahan berat badan dan hal ini sulit dihindari. Mereka yang mengalami kesulitan tidur akan memiliki nafsu makan lebih tinggi sehingga membuat mereka selalu ingin makan.

Dalam sebuah penelitiannya, Profesor Matthew Walker mencoba melakukan tes pada beberapa orang yang dapat tidur normal dan beberapa orang yang mengalami gangguan tidur (insomnia) dengan menyodorkan beberapa daftar menu makanan sehat dan junk food. Hasilnya sangat mengejutkan sekali, mereka yang dapat tidur dengan normal cenderung memilih makanan sehat sedangkan mereka yang mengalami insomnia lebih memilih makanan sejenis junk food. So, dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor penyebab kegemukan  adalah karena insomnia.

Untuk itulah, jika kita mengalami penyakit ini (insomnia) sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan solusi apa yang sebaiknya dilakukan. Semoga bermanfaat..........

0 Response to "Penyebab kegemukan"

Posting Komentar