Latest Updates

Bahaya kopi untuk kesehatan

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya bahwa kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Namun segala sesuatu yang dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan lho, sama halnya dengan kopi. Banyak bahaya kopi untuk kesehatan yang akan kita rasakan jika dalam mengkonsumsi kopi ini terlalu berlebihan (tidak sesuai aturan).

Bahaya kopi untuk kesehatan
Blend Images - JGI/Jamie Grill (getty images)

Mari kita bahas beberapa bahaya kopi untuk kesehatan kita :

Pemicu gangguan denyut jantung
Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein. Memang benar jika kafein ini bermanfaat untuk kesehatan kita, namun asupan kafein berlebihan dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Asupan kafein berlebih ini memicu beberapa gangguan pada jantung, diantaranya adalah mempercepat denyut jantung dan juga tekanan darah. Nah, jika gangguan seperti ini (denyut jantung dan tekanan darah) dibiarkan terus menerus akan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Merusak gigi
Terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat merusak gigi kita lho. Salah satu bahan yang PASTI ada saat kita membuat secangkir kopi adalah "gula", nah terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat membuat gigi berlubang. Selain itu mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga dapat merusak warna alami gigi (gigi menjadi kekuning-kuningan dan terkesan kotor) sehingga akan dapat mengganggu penampilan kita.

Memicu peningkatan zat asam (lambung)
Salah satu pemicu meningkatnya asam lambung adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Meningkatnya kadar asam lambung dapat menyebabkan berbagai gangguan pada lambung kita, selain itu terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan seseorang seringkali merasa gelisah.

Tidak baik untuk ibu hamil
Sebaiknya ibu hamil menjauhi kopi selama masa kehamilan, hal ini dikarenakan kopi dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Sementara seperti yang telah kita ketahui bahwa ibu hamil memerlukan istirahat cukup untuk perkembangan optimal si janin.

Setelah mengetahui beberapa bahaya kopi untuk kesehatan bukan berarti kita harus menghindari kopi lho. Pada dasarnya kopi ini baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi secara wajar dan sesuai aturan (misalkan : 2-3 cangkir kopi per hari). Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ..................

0 Response to "Bahaya kopi untuk kesehatan"

Posting Komentar