Latest Updates

Manfaat kesehatan biji buah anggur

Khasiat buah anggur untuk kesehatan memang sudah menjadi rahasia umum, hampir semua orang mengetahui hal tersebut. Banyak blogger yang telah membahas tentang manfaat buah anggur, baik itu dari segi kesehatan ataupun lainnya. Namun ada satu hal yang terlupakan dari buah anggur, apa itu? Tahukah bahwa ternyata biji buah anggur juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan daging buah anggur itu sendiri. Ada banyak manfaat kesehatan biji buah anggur yang mungkin belum terlalu banyak diketahui orang.

Manfaat kesehatan biji buah anggur
John E. Kelly / getty images

Kita akan dapat merasakan manfaat kesehatan biji buah anggur jika mau mengkonsumsinya secara teratur. Beberapa manfaat tersebut antara lain :

Menangkal radikal bebas
Dalam dunia industri biji anggur dianggap sebagai limbah sehingga dibuang begitu saja. Namun setelah beberapa penelitian membuktikan bahwa biji anggur memiliki kandungan zat penting yang dapat menangkal radikal bebas, mulailah biji anggur dianggap berharga. Senyawa yang terkandung dalam biji anggur tersebut adalah proanthocyanidins.

Mereduksi kadar kolesterol jahat
Ekstrak biji anggur juga sangat bermanfaat untuk mengganggu proses oksidasi LDL (kolesterol jahat) sehingga LDL tidak akan dapat bertambah semakin banyak. Perlu diketahui bahwa kadar tinggi dari LDL dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan kita, contoh : Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Pencegah kanker
Buah anggur memiliki sifat anti-oksidan tinggi sehingga dapat mencegah serangan radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian telah menunjukan bahwa ekstrak biji buah anggur dapat mereduksi pertumbuhan sel kanker payudara sebanyak 72% (penelitian tersebut diterbitkan dalam Breast Cancer Research and Treatment / 2004).

Demikian beberapa manfaat kesehatan biji buah anggur yang perlu kita ketahui. Jika memang menginginkan informasi yang lebih lengkap tentang manfaat biji anggur, silahkan berkonsultasi dengan ahli gizi / dokter terdekat.

Semoga bermanfaat ..................

0 Response to "Manfaat kesehatan biji buah anggur"

Posting Komentar