Latest Updates

Cara mencegah kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh wanita di seluruh belahan dunia. Banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit mematikan ini, namun pada intinya gaya hidup tidak sehat adalah penyebab umum dari kanker payudara. Lalu bagaimanakah cara mencegah kanker payudara?

Cara mencegah kanker payudara
AE Pictures Inc. / Getty Images

Kanker payudara memang sebuah penyakit yang sangat mematikan, namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah lho. Kita tetap dapat mencegah kanker payudara dengan beberapa cara yang cukup mudah. Berikut ini ada beberapa cara mencegah kanker payudara yang direkomendasikan oleh Dr Susan Love dari California :

Melakukan olahraga secara teratur
Banyak orang yang enggan untuk melakukan kegiatan ini (olahraga), biasanya mereka baru berolahraga setelah mengetahui berat badannya bertambah. Ya dengan kata lain banyak orang yang melakukan olahraga hanya untuk tujuan memperoleh berat badan ideal.

Menurut beberapa penelitian, kegemukan juga bisa mempengaruhi kemungkinan untuk dapat terkena kanker payudara apalagi jika sistem kekebalan tubuh kita tidak cukup kuat. Sekitar 80% kasus kanker payudara muncul bukan karena faktor genetik (keturunan), penyakit ini menyerang wanita secara random. Untuk itulah, berolahraga secara teratur adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit mematikan ini.

Makanan yang bergizi
Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat anti-oksidan merupakan cara yang cukup cerdas untuk mencegah datangnya kanker payudara. Kita dapat memperoleh asupan zat anti-oksidan dari buah dan sayur.

Kita harus bisa mengendalikan emosi untuk tidak berburu makanan dari segi rasa, namun kita juga harus selalu ingat dengan kandungan-kandungan nutrisi yang ada didalam makanan tersebut. Kesimpulannya adalah kita harus selektif dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi.

Mengganti alat kontrasepsi secara teratur
Dr. Jacqueline Miller dari Atlanta menyarankan untuk mengganti alat kontrasepsi setidaknya lima tahun sekali. Peningkatan kadar hormon estrogen disinyalir dapat memperbesar kemungkinan untuk terkena kanker payudara.

Jangan percaya mitos
Banyak yang mengatakan bahwa pemakaian deodoran pada wanita dapat menyebabkan kanker payudara. Hal tersebut hanyalah sebuah mitos yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Masalah yang bisa ditimbulkan dari sebuah deodoran adalah iritasi pada kulit (jika tidak cocok).

Demikian beberapa cara mencegah kanker payudara yang bisa kita lakukan, jika ingin mengetahui secara detail tentang bagaimana pencegahan penyakit mematikan ini silahkan berkonsultasi dengan dokter.

0 Response to "Cara mencegah kanker payudara"

Posting Komentar