Latest Updates

Khasiat kesehatan dari daun pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang memfavoritkan buah yang satu ini karena selain punya segudang manfaat untuk kesehatan, pepaya juga memiliki rasa yang begitu segar dan lezat. Selain itu kita juga tidak terlalu sulit untuk bisa memperoleh buah pepaya karena buah pepaya banyak terdapat disekitar kita. Khasiat kesehatan buah pepaya memang sudah banyak yang tahu, tapi pernahkah kita berfikir apakah ada khasiat kesehatan dari daun pepaya?

Khasiat kesehatan dari daun pepaya
Fred Bruemmer / getty images

Sepertinya kebanyakan orang lebih fokus untuk memperhatikan buah pepaya dibandingkan daunnya, padahal daun pepaya juga memiliki manfaat yang tidak bisa dianggap remeh lho. Beberapa khasiat kesehatan dari daun pepaya antara lain :

Mengobati jerawat
Salah satu cara alami untuk mengobati jerawat adalah dengan daun pepaya. Daun pepaya telah dipercaya sejak dulu sebagai salah satu obat yang cukup manjur untuk mengobati jerawat pada wajah. Kita cukup mengambil 2 sampai 3 daun pepaya tua kemudian menghaluskannya. Setelah itu tambahkan sedikit air (sekitar 1 sdt air) lalu mengoleskannya pada daerah yang terkena jerawat.

Melancarkan saluran pencernaan
Dengan kandungan zat karpain yang dimilikinya membuat daun pepaya ampuh untuk melancarkan saluran pencernaan. Salah satu penyebab masalah pencernaan adalah karena bakteri dan senyawa karpain sangat ampuh untuk memusnahkan komplotan bakteri penyebab masalah pencernaan tersebut.

Nafsu makan
Jika anak-anak kita mengalami masalah dengan nafsu makan (malas makan), kita dapat menggunakan jasa daun pepaya untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan mengambil 1 daun pepaya berukuran besar kemudian memblendernya dengan campuran air hangat dan garam, setelah itu disaring. Air hasil saringan itulah yang nantinya akan kita gunakan.

Mengatasi nyeri saat haid
Sejak jaman nenek moyang kita, daun pepaya sudah dipercaya sebagai salah satu obat untuk mengatasi nyeri perut saat haid. Caranya adalah dengan merebus selembar daun pepaya dengan menambahkan sedikit asam jawa dan garam lalu meminum air hasil rebusan tersebut.

Demikian beberapa khasiat kesehatan dari daun pepaya yang bisa kita dapatkan jika kita mau mengkonsumsi daun pepaya.

Catatan : Sebelum memutuskan untuk menggunakan daun pepaya sebagai obat, silahkan berkonsultasi dulu dengan dokter karena setiap orang memiliki kondisi tubuh yang tidak sama. Daun pepaya mungkin dapat bermanfaat dan berhasil pada beberapa orang namun belum tentu berhasil juga pada orang yang lainnya. Untuk itulah perlunya konsultasi dengan dokter sebelum benar-benar memutuskan menggunakan daun pepaya.

Sampai jumpa pada postingan selanjutnya ......................

0 Response to "Khasiat kesehatan dari daun pepaya"

Posting Komentar