Latest Updates

Gaya hidup sehat untuk menghindari jerawat

Jerawat.... wahhhh bicara tentang jerawat, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. yapz.. bintik merah yang sangat menyebalkan ini merupakan musuh utama khususnya bagi para remaja. Kehadiran jerawat ini sangat menganggu sekali, rasa percaya diri pun menciut tatkala si jerawat ini mampir di wajah kita. Kita sering kali menalahkan bakteri sebagai penyebab utama tumbuhnya jerawat, namun tahukah kita bahwa pada dasarnya bakteri bukanlah penyebab munculnya si jerawat ini meskipun dia memainkan peranan penting dalam perkembangan jerawat ini.


Lalu apakah penyebab utama jerawat ini?
Jerawat akan muncul saat produksi minyak dikulit meluber, minyak ini pada akhirnya menyumbat pori-pori kulit sehingga menimbulkan bintil-bintil yang biasa kita kenal sebagai jerawat. Kebiasaan yang buruk (kurang memperhatikan kebersihan kulit) menyebabkan munculnya bakteri yang mendukung perkembangan jerawat ini.

Bakteri ini menyebabkan peradangan pada kulit, peradangan ringan pada akhirnya akan menyebabkan jerawat sedangkan peradangan yang lebih dalam akan menyebabkan kista.

Kadang kita juga berfikir bahwa beberapa faktor seperti keturunan, makanan, stres dll merupakan penyebab munculnya jerawat. namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mari kita kupas tuntas satu persatu :

Keturunan
Jerawat bukanlah penyakit bawaan yang bisa diturunkan / ditularkan, penyebabnya lebih pada kebiasaan kita yang kurang bisa menjaga kebersihan kulit.

Makanan
Para remaja umunya menghindari makanan seperti junk food, makanan berminyak dan coklat karena dipercaya dapat menimbulkan jerawat. Sebenarnya makanan ini bukanlah penyebab munculnya jerawat, makanan tersebut hanya akan memperburuk jerawat yang memang sudah ada pada kulit kita.

Mandi saat masih berkeringat
Seringkali para remaja merasa takut mandi saat masih berkeringat karena dianggap akan menyumbat pori-pori kulit. hal tersebut tidaklah benar, disamping itu mencuci kulit secara berlebihan juga kurang baik karena akan menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Stres
Pada sebagian orang merasa sangat marah saat mendapati mukanya terkena jerawat dan mereka percaya stres sangatlah mungkin sebagai penyebab utama munculnya jerawat. Namun kebenarannya jerawat ini tidak ada hubungannya dengan masalah emosional.

Sebenarnya mudah saja mengatasi jerawat, kita cukup menjaga kebersihan kulit. Dengan cara hidup yang sehat ini kemungkinan jerawat berkembang di kulit akan semakin kecil. Jerawat pun sebenarnya dapat kita obati, nah kita akan membahas bagaimana cara mengobati jerawat pada postingan berikutnya.
Semoga informasi tentang jerawat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Gaya hidup sehat untuk menghindari jerawat"

Posting Komentar