Latest Updates

Cara mengatasi nyeri saat menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap wanita dan saat menstruasi kebanyakan wanita mengalami nyeri. Nyeri saat menstruasi memang wajar, namun bagaimanapun kita (wanita) akan terganggu dengan keadaan seperti ini (nyeri saat menstruasi). Lalu bagaimanakah cara mengatasi nyeri saat menstruasi agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari?

Cara mengatasi nyeri saat menstruasi
MIXA / getty images

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi nyeri saat menstruasi yang dapat kita lakukan :

Memperbanyak konsumsi zat besi
Saat sedang dalam masa menstruasi wanita akan merasa lemas dan pusing, hal ini dikarenakan kekurangan zat besi. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti : daging merah, hati ayam dll.

Mengurangi konsumsi garam
Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah saat menstruasi, hal ini dikarenakan hormon mengikat lebih banyak cairan saat masa menstruasi. Kita dapat meminimalkan hal ini (kenaikan berat badan) dengan mengurangi konsumsi garam. Perlu diketahui bahwa garam dapat mengikat cairan lebih banyak sehingga bisa dikatakan bahwa garam merupakan salah satu faktor penyebab berat badan.

Senam menstruasi
Senam menstruasi juga merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi rasa nyeri saat manstruasi.

Memperbanyak konsumsi air
Saat sedang menstruasi kita (wanita) kehilangan banyak cairan sehingga kemungkinan untuk terkena dehidrasi juga semakin besar. Untuk itulah direkomendasikan untuk banyak mengkonsumsi air agar tidak mengalami dehidrasi saat menstruasi.

Hindari kerja lembur
Saat menstruasi, kita (wanita) seringkali ,merasa lemas. Untuk itulah sebaiknya kita beristirahat dengan cukup dan menghindari kerja lembur agar tidak memperburuk keadaan fisik kita saat menstruasi.

Demikian beberapa cara mengatasi nyeri saat menstruasi yang dapat kita lakukan. Jika ingin mengetahui info lebih lengkap tentang bagaimana cara mengatasi nyeri saat menstruasi, silahkan berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat ......................

0 Response to "Cara mengatasi nyeri saat menstruasi"

Posting Komentar