Latest Updates

Penyebab kanker pankreas

Belakangan ini terdengar berita bahwa daging yang dimasak dengan cara dibakar dapat memicu datangnya penyakit kanker. Berita tersebut memang benar, terlalu banyak mengkonsumsi daging bakar dapat menjadi salah satu penyebab kanker pankreas.

Penyebab kanker pankreas
SCIEPRO / Getty Images

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota, terlalu banyak mengkonsumsi daging bakar memang dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker pankreas sebesar 60%. Penelitian ini melibatkan sekitar 62.000 relawan yang merupakan penggemar daging yang dibakar. Membakar daging dengan temperatur panas dapat membuat HCAs dan PAHs terlepas dari daging, nah zat kimia ini bersifat karsinogen yang merupakan penyebab timbulnya penyakit kanker.

Setelah mengetahui bahwa daging bakar merupakan salah satu penyebab kanker pankreas, haruskah kita benar-benar menghindari konsumsi daging bakar untuk selamanya? Jawabannya adalah tidak. Kita tidak harus menghindari konsumsi daging bakar sama sekali, hanya saja ada beberapa tips yang bisa kita ikuti untuk meminimalisir dampak buruk dari daging bakar tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips untuk tetap dapat mengkonsumsi makanan yang dibakar, namun kita tetap jauh dari resiko kanker :

Pilihlah daging yang tidak banyak mengandung lemak
Daging yang banyak mengandung lemak akan menimbulkan banyak asap ketika dibakar. Ya, lemak yang menetes pada bara api itulah yang menyebabkan asap berlebihan. Nah, hal inilah yang merupakan penyebab terbentuknya zat karsinogen yang berbahaya itu.

Merendam daging selama 30 menit
Merendam daging dalam bumbu selama kurang lebih 30 menit akan semakin membuat rasa daging lezat, selain itu cara ini juga dapat mengurangi pembentukan zat karsinogen saat daging dibakar. Tips ini (merendam daging selama 30 menit) bersumber dari hasil penelitian The American Institute for Cancer Research.

Jangan terlalu lama dalam membakar daging
Membakar daging terlalu lama juga akan semakin memperbesar kemungkinan pembentukan zat karsinogen yang merupakan penyebab kanker.

Mengkonsumsi daging bakar memang merupakan salah satu penyebab kanker pankreas, namun kita tetap dapat mengkonsumsi daging bakar dan tetap dapat meminimalisir serangan kanker pankreas dengan beberapa tips diatas. Semoga bermanfaat

0 Response to "Penyebab kanker pankreas"

Posting Komentar