Latest Updates

Cara mencegah kanker hati

Salah satu penyakit mematikan yang menyerang organ penting manusia adalah kanker hati. Penyakit kanker hati atau biasa dikenal dengan nama Hepatocellular Carcinoma (HCC) adalah penyakit yang disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena pengerasan hati (sirosis). Rata-rata penyakit kanker hati banyak berkembang di negara-negara yang memiliki asupan makanan tinggi lemak. Lalu adakah cara mencegah kanker hati agar tidak menyerang kita?

Cara mencegah kanker hati
SCIEPRO / getty images

Pencegahan
Salah satu cara mencegah kanker hati adalah dengan cara memberikan vaksinasi sejak balita, vaksinasi yang dimaksud disini adalah vaksinasi hepatitis B. Dengan pemberian vaksinasi hepatitis B sejak dini akan dapat memperkecil kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit kanker hati saat berusia dewasa nanti. Menurut sebuah penelitian, kematian akibat penyakit kanker hati di negara yang menerapkan sistem vaksinasi hepatitis B pada balita terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara yang tidak menerapkan vaksinasi hepatitis B.

Selain dengan jalan vaksinasi, gaya hidup sehat juga merupakan cara ampuh yang dapat kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit kanker hati. Intinya, kita harus benar-benar bisa menjaga kesehatan hati kita. Salah satu contoh kebiasaan yang dapat merusak kinerja hati kita adalah merokok, mengkonsumsi alkohol. Diet juga disinyalir mampu menjadi pencegah datangnya penyakit kanker hati. Dengan melakukan diet sehat akan dapat mencegah penimbunan lemak dalam hati manusia.

Deteksi
Umumnya mereka yang terkena penyakit ini (kanker hati) tidak memiliki tanda-tanda khusus, mungkin para penderita hanya akan merasakan perut kembung, sakit kuning (mata menjadi kuning, air seni menjadi kuning). Nah, jika kita merasakan beberapa gejala seperti diatas segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kita.

Pengobatan
Kanker hati dapat diobati dengan jalan operasi, yakni dengan menghilangkan / menghapus bagian hati yang telah terinfeksi kanker agar tidak menyebar pada bagian hati yang lainnya.

Kesimpulan
Penyakit kanker hati adalah penyakit yang sangat mematikan, namun bukan berarti kanker hati ini tidak dapat dicegah ataupun diobati. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mencegah kanker hati, silahkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Semoga artikel ini bermanfaat .........................

0 Response to "Cara mencegah kanker hati"

Posting Komentar