Latest Updates

Tips mencegah sakit maag

Saat kita sedang menderita penyakit maag, perasaan kurang nyaman dan sedikit menjengkelkan sudah pasti hinggap dipikiran kita. Hal tersebut sangat wajar karena penyakit yang menyerang lambung ini memang memiliki efek yang sangat tidak nyaman bagi kita.Maag memiliki beberapa penyebab, antara lain : Berbagai makanan seperti bawang putih, bawang merah, tomat, permen dan coklat. Jika lambung kita alergi dengan makanan tersebut maka penyakit maag adalah hasil akhirnya.
Tips mencegah sakit maag

Namun kita tidak perlu khawatir karena penyakit maag ini dapat kita atasi sendiri, caranya?
Beberapa cara yang dapat kita lakukan jika kita terserang maag :

Memilih jenis makanan yang sesuai
Seperti yang kita ketahui bahwa mencegah akan lebih baik daripada mengobati. Kita hendaknya membuat catatan harian tentang makanan apa saja yang nantinya akan kita sajikan. Beberapa jenis makanan yang mungkin bisa membuat komplikasi lambung kita sebisa mungkin dihindari.

Pandai-pandailah memilih makanan
Seperti pepatah yang mengatakan "sedia payung sebelum hujan"... yaaa... benar sekali mencegah lebih baik dari pada mengobati. Akan lebih baik jika sebelum memutuskan membuat suatu menu masakan kita selektif untuk memilih bahan-bahannya, memilih disini dalam arti bahwa bahan makanan yang nantinya akan kita olah tersebut bukanlah yang mengakibatkan perut kita menjadi sakit. Misalkan jika kita alergi pada bawang, maka hendaknya membuat satu menu makanan yang paling tidak menggunakan sedikit bawang.


Periksa ke dokter
Menurut kepercayaan, asam lambung terlalu banyak dapat mengakibatkan  mulas yang pada akhirnya adalah penyebab utama penyakit maag. Namun perlu juga kita ketahui bahwa sedikit asam lambung juga dapat menimbulkan penyakit maag. Jadi akan lebih baik jika kita berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui seberapa sehat sistem pencernaan kita. Tidak menutup kemungkinan dokter akan menyarankan mengambil asam klorida betaine setelah makan dengan tujuan membantu lambung mencerna makanan.

Mengkonsumsi teh manis
Mengkonsumsi teh manis dapat menenagkan saluran pencernaan kita dan menghilangkan mulas. Yaa.. bisa dibilang ini adalah cara yang paling sederhana dan ekonomis.

Banyak mengkonsumsi air putih
Minum segelas air putih 30 menit sebelum makan dapat membantu lambung untuk memproduksi lendir sehingga dapat mencegah rasa mulas.

Ya.. sedikit informasi tentang pencegahan penyakit maag diatas semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

0 Response to "Tips mencegah sakit maag"

Posting Komentar