Latest Updates

Cara mencegah mabuk diperjalanan

Melakukan perjalanan jauh baik itu menggunakan transportasi darat, laut ataupun udara sudah hamper pasti pernah dilakukan oleh manusia. Ada banyak alasan mengapa orang melakukan perjalanan jauh dan perjalanan jauh sebenarnya cukup indah untuk dinikmati. Kita bias melihat berbagai pemandangan baru disepanjang perjalanan, ya kira-kira bias dikatakan refreshing gratis lho, apalagi jika sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan alam yang begitu indah. Namun bagi beberapa orang perjalanan jauh bias sangat menyiksa juga lho karena banyak orang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Nah disini kita akan berbagi tips tentang cara mencegah mabuk diperjalanan, baik itu perjalanan jauh lewat darat, laut maupun udara.

Cara mencegah mabuk diperjalanan
Imagezoo / getty images

Beberapa tips atau cara mencegah mabuk diperjalanan tersebut diantaranya adalah :

Hindari makanan berlemak sebelum perjalanan
Mengkonsumsi makanan berlemak, makanan pedas sehari sebelum perjalanan jauh dapat memicu mabuk diperjalanan. Hal ini dikarenakan makanan seperti ini lama untuk dapat dicerna oleh lambung, kita dapat mengkonsumsi makanan kecil beberapa jam sebelum perjalanan sehingga saat perjalanan makanan sudah mulai proses pencernaan. Dengan demikian lambung kita tidak akan kosong dan hal ini dapat meminimalisir mabuk diperjalanan. Selain itu kita juga harus menghindari alcohol dan kafein, karena mengkonsumsi alcohol dan kafein dapat membuat tubuh dehidrasi sehingga akan memicu mabuk diperjalanan.

Mengkonsumsi jahe atau makanan olahan jahe sebelum perjalanan
Salah satu gejala sebelum mabuk perjalanan adalah rasa mual. Nah kita dapat menghilangkan atau paling tidak meminimalisir serangan mual pada lambung dengan cara mengkonsumsi jahe atau makanan olahan jahe. Jahe dipercaya mampu memberikan rasa nyaman pada perut sehingga kita akan terhindar dari rasa mual yang merupakan pemicu mabuk diperjalanan.

Pernafasan yang baik
Saat perut kita terasa mual, segeralah mengambil tindakan. Perlu diketahui bahwa rasa mual ini merupakan gejala awal terjadinya mabuk perjalanan. Tutup mulut kita dan ambil nafas dalam-dalam melalui hidung, ulangi hingga sekitar 2 kali, hal ini akan mampu menenangkan lambung kita sehingga rasa mual perlahan-lahan akan hilang.

Makan permen mint
Saat perut terasa mual, kita juga dapat meringankannya dengan cara mengunyah beberapa permen mint. Permen jenis ini mampu meredam rasa mual pada perut sehingga akan dapat mencegah datangnya gejala mabuk perjalanan.

Membuat diri sibuk
Umumnya orang yang mengalami mabuk perjalanan adalah mereka yang selama perjalanan tidak melakukan aktifitas sama sekali. Kita dapat membuat diri kita sibuk dengan cara berbincang-bincang dengan orang lain, ataupun dengan mendengarkan music dan ikut bernyanyi. Namun tidak disarankan untuk membaca buku selama perjalanan karena hal ini justru dapat memicu datangnya mabuk diperjalanan.

Demikian beberapa tips atau cara mencegah mabuk diperjalanan yang dapat kita lakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua…….

0 Response to "Cara mencegah mabuk diperjalanan"

Posting Komentar