Latest Updates

Efek samping mengkonsumsi kunyit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Beberapa manfaat kunyit untuk keehatan diantaranya adalah memperlancar sistem pencernaan, membantu penyembuhan luka, pencegah anemia dll. Selain itu kunyit juga mudah didapatkan disekitar kita, jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan kunyit. Namun ternyata mengkonsumsi kunyit juga membawa beberapa efek samping yang kurang begitu baik bagi ksehatan lho. Ada beberapa efek samping mengkonsumsi kunyit bagi kesehatan, apalagi dengan penggunaan yang kurang benar.

Efek samping mengkonsumsi kunyit
Jon Boyes / getty images

Beberapa efek samping mengkonsumsi kunyit bagi kesehatan tersebut antara lain :

Menyebabkan gangguan lambung
Mengkonsumsi kunyit dalam jangka panjang disinyalir dapat menyebabkan gangguan pada lambung. hal ini dikarenakan kunyit memiliki efek pedas sehingga dapat berpengaruh terhadap dinding lambung. Jika kita memilih untuk mengkonsumsi suplemen kunyit, maka pilihlah suplemen yang memiliki kandungan enterik. Kandungan ini (enterik) dapat larut dalam usus sehingga tidak akan mengganggu lambung kita.

Sulit diserap
Ternyata eh ternyata suplemen kunyit yang biasa kita konsumsi memiliki sifat sulit diserap oleh tubuh lho. Namun bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi suplemen kunyit, jika ingin mengkonsumsi suplemen kunyit maka pilihlah suplemen yang memiliki kandungan piperin. Kandungan ini (piperin) akan membantu tubuh kita untuk dapat menyerap zat-zat yang terkandung dalam kunyit dengan baik.

Memicu pendarahan
Kunyit memiliki fungsi untuk mencegah penggumpalan darah pada manusia. Namun penggunaan kunyit dalam dosis yang berlebihan, disinyalir juga dapat menyebabkan pendarahan lho. Untuk itulah sebelum memutuskan untuk menggunakan suplemen kunyit ada baiknya kita berkonsultasi dulu dengan dokter.

Mengganggu proses kemoterapi
Jika kita adalah salah satu pasien kemoterapi, maka sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi kunyit. Penelitian baru-baru ini menyatakan bahwa kunyit disinyalir dapat menurunkan hasil dari kemoterapi.

Nah, segala sesuatu yang pada awalnya memang baik namun jika digunakan secara kurang tepat juga dapat membawa dampak yang tidak terlalu baik. Akan lebih baik jika sebelum memutuskan untuk menggunakansesuatu hal yang berhubungan dengan kesehatan, kita berkonsultasi dulu dengan dokter.

Demikian pembahasan dari artikel yang berjudul efek samping mengkonsumsi kunyit, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua ........................

0 Response to "Efek samping mengkonsumsi kunyit"

Posting Komentar