Latest Updates

Obat untuk stres

Stres merupakan salah satu bagian yang tidak mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Stres bukanlah penyakit bawaan, penyakit seperti ini bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja. Namun bukan berarti stres tidak dapat diobati lho, ada banyak cara yang dapat kita tempuh sebagai jalan atau obat untuk stres.

Obat untuk stres
Dave Moore / getty images

Nah sebelum kita membahas apa saja yang dapat kita gunakan sebagai obat untuk stres, ada baiknya kita membahas beberapa hal yang merupakan penyebab utama stres, diantaranya adalah :

Terlalu memikirkan masa depan
Umumnya yang merasakan masalah ini (memikirkan masa depan) adalah mereka yang baru menginjak usia dewasa. Usia dewasa adalah peralihan dari masa-masa remaja menuju masa yang lebih matang. Saat menginjak usia dewasa, umumnya kita akan lebih memikirkan tentang kehidupan dimasa depan. Semua orang menginginkan hidup yang sejahtera dan hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar dan manusiawi. Namun jika kita terlalu memikirkan tentang masa depan secara berlebihan dan memandang masa depan sebagai sesuatu hal yang sulit, yaa.. akibatnya adalah stress.

Rasa putus asa
Keputusasaan yang berkepanjangan juga dapat menjadi salah satu penyebab stres. Biasanya yang sering merasakan ini adalah remaja, karena pada masa remaja pemikiran kita belum stabil. Saat sesuatu yang benar-benar kita inginkan tidaki dapat terwujud, seringkali kita merasa putus asa dan enggan untuk bangkit kembali. Jika kita enggan untuk mencoba lagi dan lebih memilih untuk berdiam diri, maka akibatnya adalah penyakit "stres".

Target yang berlebihan
Boleh-boleh saja kita memiliki suatu target dalam hidup ini, namun semuan itu harus benar-benar kita fikirkan secara matang. Terlalu memasang target tinggi dalam hidup terkadang juga dapat membawa dampak buruk bagi kita sendiri. Rasa optimisme yang berlebihan bahkan dapat menjadi musuh yang paling jahat bagi diri kita sendiri.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab stres, mari kita mencoba mencari solusinya. Ada beberapa solusi yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan kita terkait dengan masalah stres tersebut :
  1. Masa depan memang harus kita fikirkan, namun pemikiran kita tentang masa depan juga harus diimbangi dengan usaha yang gigih. Janganlah memandang masa depan sebagai suatu beban, anggaplah masa depan sebagai sebuah tantangan yang harus kita taklukan dan selalu ingat pada yang maha kuasa, niscaya masa depan yang indah akan dapat kita raih
  2. Jika usaha yang telah kita lakukan demi masa depan belum berhasil, maka bukan berarti kita gagal. Keberhasilan kita hanya tertunda, keberhasilan tersebut akan dapat kita raih jika kita mau mencobanya lagi.. lagi dan lagi. Perlu diketahui bahwa saat kita merasa putus asa dan enggan untuk berusaha bangkit kembali, disaat itulah keberhasilan yang sesungguhnya telah menunggu didepan mata kita. Dan rasa putus asa menjadikan keberhasilan yang ada tepat didepan kita menjadi tidak kelihatan.
  3. Hidup itu perlu target.... Ya hal tersebut memang benar. Namun memasang target terlalu tinggi juga dapat menjadi bumerang bagi kita sendiri. Alangkah baiknya jika kita memasang target sewajarnya saja dan bertahap, dengan demikian kita akan dapat mengontrol emosi kita dengan harapan akan terpenuhinya target yang telah kita buat secara bertahap dan perlahan tapi pasti.
Ya, artikel yang berjudul obat untuk stres ini hanyalah media sharing untuk berbagi pengetahuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya .............

0 Response to "Obat untuk stres"

Posting Komentar