Latest Updates

Manfaat kesehatan dari kacang tanah

Kacang tanah adalah salah satu bahan makanan yang sudah tidak asing bagi kita. Hampir di setiap tempat dapat kita temui kacang tanah, hanya saja pengolahan kacang tanah berbeda antara tempat satu dengan tempat lainnya. Kacang tanah bisa dibuat menjadi beraneka ragam makanan lezat seperti : Bumbu pecel, saus siomay atau juga sebagai camilan keluarga. Selain dapat diolah menjadi makanan lezat, kacang tanah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Banyak manfaat kesehatan dari kacang tanah yang dapat kita rasakan jika mau mengkonsumsinya secara rutin.

Manfaat kesehatan dari kacang tanah
Adam Gault / getty images

Beberapa diantara sekian banyak manfaat kesehatan dari kacang tanah tersebut diantaranya adalah :

Baik untuk ibu hamil
Kacang tanah diketahui memiliki kandungan folat yang sangat baik. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka (wanita hamil) akan memiliki resiko kecil untuk melahirkan bayi cacat jika mampu memenuhi asupan folat harian yakni sekitar 400 mg folat. Untuk itulah sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan harian folat.

Mengontrol gula darah
Salah satu faktor yang cukup penting dalam mengontrol kadar gula dalam darah adalah mangan dan mineral. Kabar baiknya adalah kita dapat memenuhi kebutuhan harian mangan dan mineral (sekitar 35%) dari kacang tanah.

Mencegah pembentukan batu empedu
Mungkin khasiat kacang tanah yang satu ini jarang kita dengar. Namun pada kenyataannya sebuah penelitian telah menunjukan bahwa mengkonsumsi kacang tanah secara teratur (1 ons/minggu) akan mampu mengurangi resiko terbentuknya batu empedu sekitar 25%.

Obat depresi
Tubuh manusia sebenarnya memiliki suatu zat yang dapat menangkal depresi secara alami, zat tersebut adalah serotonin yang sangat bermanfaat dalam regulasi suasana hati kita. Kacang tanah memiliki kandungan triptofan, yakni sejenis zat yang mampu dan berperan dalam pembentukan serotonin.

Baik untuk otak
Kacang tanah memiliki kandungan vitamin B3 yang cukup baik. Vitamin B3 ini sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan memori otak manusia.

Mencegah penyakit jantung
Dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang banyak terkandung dalam kacang tanah, membuatnya sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung serta mencegah berbagai macam gangguan pada jantung.

Demikian beberapa manfaat kesehatan dari kacang tanah yang perlu kita ketahui. Jika menginginkan informasi lebih lengkap tentang khasiat kacang tanah, silahkan berkonsultasi dengan ahli gizi.

Semoga artikel ini bermanfaat ...............................

0 Response to "Manfaat kesehatan dari kacang tanah"

Posting Komentar