Latest Updates

Manfaat kesehatan dari kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis makanan yang sudah familiar bagi kita semua. Hal ini sangat wajar, mengingat kacang hijau memiliki rasa yang lezat dan harga yang terjangkau. Sangat mudah untuk mendapatkan olahan makanan yang berbahan dasar kacang hijau ini, mulai dari pedagang kaki lima hingga di restoran. Selain lezat untuk dinikmati, kacang hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada banyak manfaat kesehatan dari kacang hijau yang dapat kita rasakan jika mau mengkonsumsinya secara teratur.

Manfaat kesehatan dari kacang hijau
Annabelle Breakey / getty images

Beberapa manfaat kesehatan dari kacang hijau tersebut diantaranya adalah :

Mengontrol kadar kolesterol
Kacang hijau sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, lebih tepatnya adalah kacang hijau mampu mereduksi kadar kolesterol jahat. Selain itu dengan kandungan seratnya, kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan kita.

Mereduksi kanker
Kacang hijau memiliki kandungan zat yang mampu mereduksi kemampuan sel kanker untuk tumbuh dan berkembang, khususnya adalah kanker yang menyerang payudara.

Baik untuk penderita diabetes
Kacang hijau memiliki kadar gula yang cukup rendah sehingga makanan ini sangat dianjurkan bagi mereka yang terkena diabetes. Bahkan menurut sebuah penelitian, kacang hijau mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Meningkatkan sistem imun
Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sama besarnya dengan daging, yakni setiap 1 cangkir takaran kacang hijau setara dengan 3,16 gr protein sehat. Protein ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Rambut dan kulit yang sehat
Dengan kandungan zat seng dalam kacang hijau, membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kuku kita. Selain itu kacang hijau juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kita, hal ini dikarenakan kacang hijau memiliki kandungan phytoestrogen (berfungsi memproduksi kolagen).

Demikian beberapa diantara sekian banyak manfaat kesehatan dari kacang hijau yang perlu kita ketahui. Jika ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang manfaat kacang hijau untuk kesehatan, silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Semoga bermanfaat....................

0 Response to "Manfaat kesehatan dari kacang hijau"

Posting Komentar