Latest Updates

Membaca dapat mencegah pikun

Salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk pengetahuan dan kesehatan kita adalah membaca. Ya.. dengan membaca kita akan mendapatkan banyak informasi tentang berbagai macam hal, selain itu membaca juga baik untuk kesehatan otak lho. Lebih tepatnya lagi membaca dapat mencegah pikun di usia senja.

Membaca dapat mencegah pikun
Tom Merton / getty images

Kebanyakan mereka yang mengalami pikun di usia tua adalah mereka yang jarang menggunakan otaknya untuk melakukan kegiatan. Umumnya, mereka yang sudah pensiun dari kerja lebih memilih untuk bersantai dirumah. Kegiatan seperti ini sedikit salah, otak kita justru akan tetap terjaga kesehatannya jika masih aktif digunakan untuk berfikir. Nah salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan agar otak kita tetap aktif adalah dengan membaca.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, mereka (orang dewasa) yang menghabiskan waktunya untuk bermain catur dan membaca memiliki lebih kecil kemungkinan untuk terkena penyakit pikun saat mereka berusia senja. Pada kenyataannya memang benar bahwa membaca dapat mencegah pikun, dengan melakukan kegiatan-kegiatan mengasah otak (contoh : membaca) kemungkinan untuk terkena pikun akan dapat berkurang sebesar 32%.

Bahkan penyakit yang menyerang otak seperti Alzheimer pun dapat diminimalkan jika kita mau membaca. Penyakit Alzheimer hanya akan menyerang otak manusia yang jarang digunakan untuk kegiatan, jika otak kita sering dan masih aktif bekerja maka kesehatan otak kita pun akan senantiasa terjaga. Dengan kesehatan otak yang senantiasa terjaga maka kemungkinan untuk menderita penyakit Alzheimer pun semakin kecil.

Nah, sekarang sudah percaya kan jika memang benar bahwa membaca dapat mencegah pikun. Untuk itulah, mulai dari sekarang rajin-rajinlah membaca agar kita tidak mengalami pikun saat usia senja nanti.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ........................

0 Response to "Membaca dapat mencegah pikun"

Posting Komentar