Latest Updates

Gejala kanker prostat

Jika kanker payudara dan kanker ovarium adalah penyakit kanker yang paling ditakuti oleh kaum wanita, maka bisa dikatakan bahwa kanker prostat merupakan penyakit kanker yang paling ditakuti oleh kaum pria. Kanker jenis ini 50% menyerang pria yang berusia 70 tahun keatas dan pria berusia 90 tahun keatas hampir pasti memiliki kemungkinan untuk terkena kanker prostat. Gejala kanker prostat ini sulit untuk dideteksi karena penyakit ini berkembang dengan sangat lambat.

Gejala kanker prostat
Lilli Day / getty images

Kanker jenis ini dapat tumbuh dan berkembang dalam prostat kaum pria dan menghasilkan sejenis cairan didalamnya. Karena tidak menunjukan gejala yang khusus, maka beberapa orang mengetahui bahwa mereka terkena kanker prostat pada saat sudah sangat parah. Untuk itulah kita harus mengetahui beberapa gejala kanker prostat agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

Ada 2 gejala yang bisa kita kenali, yakni :
1. Kesulitan buang air kecil (tersendat), Jika kita merasakan kesulitasn saat buang air kecil dalam jangka waktu yang cukup lama maka berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan apakah hal tersebut merupakan gejala kanker prostat atau bukan.

2. Nyeri pada tulang dan gangguan saraf
Rasa nyeri yang dirasakan pada tulang hingga ke bagian tulang belakang, umumnya akan dirasakan saat kanker prostat ini sudah pada tahap lanjut.

Kanker prostat ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti :
  • Peningkatan kadar testosteron yang disebabkan karena diet ketat
  • Kekurangan zat kalsium dan beberapa vitamin (contoh : vitamin D)
  • Terlalu banyak asupan kalsium juga dapat menyababkan terjadinya kanker prostat saat usia senja.
Demikian pembahasan artikel yang berjudul gejala kanker prostat, semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kanker prostat, berkonsultasilah dengan dokter untuk memperolah jawaban yang lengkap.

0 Response to "Gejala kanker prostat"

Posting Komentar