Latest Updates

Cara makan yang benar

Makan adalah kebutuhan pokok setiap orang dan sudah menjadi rutinitas yang tidak mungkin bisa ditinggalkan. Umumnya tempat makan yang paling tepat adalah di meja makan, namun banyak juga yang lebih memilih menikmati jam makan ditempat-tempat tertentu (misalkan di kamar atau di tempat kerja). Pernah memperhatikan cara kita sendiri dalam mengunyah makanan? Cepat kah? atau justru lambat kah? Bagaimanakah cara makan yang benar, apakah harus dikunyah dengan cepat atau dikunyah dengan lambat?

Cara makan yang benar
Mark Bowden / getty images

Sebenarnya cara makan yang benar adalah dengan mengunyah makanan dengan perlahan. Berikut beberapa alasan yang mendukungnya :

Sinyal ke otak menjadi terlambat
Saat kita makan dengan cepat, kita akan merasa kenyang lebih cepat namun kita juga akan merasakan lapar lebih cepat pula. Otak kita memerlukan waktu untuk mengirimkan sinyal ke otak, saat kita makan dengan lambat otak kita akan cukup punya waktu untuk mengirimkan sinyal ke otak (menyampaikan bahwa perut kita sudah kenyang).

Kalori akan terkontrol
Makan dengan lambat akan memberikan rasa kenyang yang lebih awet. Selain itu asupan kalori yang masuk kedalam tubuh juga akan maksimal sehingga resiko untuk terkena kegemukan akan dapat diminimalkan.

Kesehatan pencernaan
Jika kita makan dengan lambat, tubuh akan memiliki cukup waktu untuk memecah makanan sehingga proses penyerapan nutrisi akan dapat berlangsung dengan maksimal. Nah, dengan proses penyerapan yang maksimal akan membuat saluran pencernaan kita tetap terjaga kesehatannya.

Nah, setelah mengetahui cara makan yang benar, setidaknya akan memberikan kita pengetahuan tambahan tentang gaya hidup sehat. Jika ingin mengetahui informasi yang lebih lengkap tentang gaya hidup sehat, silahkan berkonsultasi dengan ahli nutrisi atau dokter.

Semoga bermanfaat ............

0 Response to "Cara makan yang benar"

Posting Komentar