Latest Updates

Penyebab gigi sensitif

Saat kita sedang menikmati makanan tiba-tiba gigi kita terasa sakit / ngilu. Nah, itu adalah salah satu tanda bahwa gigi kita termasuk golongan gigi sensitif lho, gigi yang sensitif biasanya akan mengalami beberapa keluhan seperti nyeri saat makan makanan yang terlalu panas / dingin. Untuk itulah sebaiknya kita harus mengatahui beberapa Penyebab gigi sensitif sehingga kemungkinan untuk terkena gejala gigi sensitif akan dapat diminimalisir.

Penyebab gigi sensitif

Beberapa hal yang menjadi Penyebab gigi sensitif antara lain :

Radang gusi
Salah satu penyebab peradangan gusi adalah cara menyikat gigi yang kurang benar. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan cara langsung menyikat gigi dengan pasta gigi, setelah itu baru berkumur. Kebanyakan orang justru lebih memilih berkumur terlebih dahulu baru kemudian mulai menyikat gigi, nah cara menyikat gigi seperti ini lah yang perlu di benahi.

Zat asam
Mereka yang suka mengkonsumsi minuman asam akan lebih mungkin untuk terkena gigi sensitif. Zat asam ini akan mengikis dentin dan enamel yang merupakan pelindung gigi. Untuk itulah disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman tinggi asam.

Pasta gigi
Pasta gigi yang kita pakai juga bisa menyebabkan gigi sensitif lho. Kita harus pandai-pandai memilih pasta gigi, pasta gigi untuk gigi sensitif berbeda dengan pasta gigi biasa. Pasta gigi biasa lebih bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap gigi sedangkan pasta gigi untuk gigi sensitif disamping memberikan perlindungan pada gigi juga membantu pembangunan kembali.

Gosok gigi secara taratur
Direkomendasikan untuk menggosok gigi setidaknya 3 kali dalam satu hari untuk mendapatkan perlindungan gigi yang maksimal.

Luka pada gusi
Jika peradangan pada gusi dibiarkan terus menerus akan dapat menyebabkan gusi terluka. Radang gusi juga dapat menyerang hingga ke akar gigi yang pada akhirnya dapat menyebabkan gigi sensitif.

Obat kumur
Mungkin banyak yang belum tahu bahwa obat kumur juga bisa menjadi salah satu penyebab gigi sensitif. Obat kumur yang disinyalir dapat menyebabkan gigi sensitif adalah obat kumur yang memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi. Untuk itulah sebaiknya kita harus pandai untuk memilih jenis obat kumur dan usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan obat kumur.

Setelah mengetahui beberapa Penyebab gigi sensitif, semoga dapat menjadi pemacu semangat kita untuk lebih giat lagi dalam merawat gigi. Semoga bermanfaat....................

0 Response to "Penyebab gigi sensitif"

Posting Komentar