Latest Updates

Cara merawat gigi dengan benar

Dari pada sakit gigi lebih baik patah hati... yaa seperti itulah kira-kira ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan betapa tersiksanya menderita sakit gigi. Sakit gigi biasanya diawali dengan gejala gigi berlubang hingga pada akhirnya menyebabkan bengkak pada gusi. Saat menderita sakit gigi apapun yang kita lakukan terasa tidak nyaman, bicara tidak nyaman, makan pun tidak enak.

Cara merawat gigi dengan benar

untuk itulah, sedini mungkin kita harus melakukan pencegahan agar gigi tidak berlubang (gigi berlubang merupakan salah satu penyebab utama sakit gigi). Ada beberapa tips untuk merawat gigi kita agar tetap sehat dan kuat :

Sikat gigi dengan benar
Menyikat gigi yang benar adalah dari atas kebawah agar kotoran yang ada di sela-sela gigi dapat dibersihkan dengan sempurna. Akan lebih baik lagi jika kita menyikat gigi di depan cermin agar lebih mudah membersihkannya.

Menghindari makanan manis
Makanan manis memang dapat menyebabkan gigi berlubang. Rasa manis pada makanan lama kelamaan akan menjadi masam dalam mulut. Nah, asam ini yang pada akhirnya akan membuat gigi berlubang. Terlebih lagi jika kita jarang menyikat gigi, bakteri dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan mempercepat pembentukan lubang pada gigi.

Memilih sikat gigi yang benar
Pemilihan sikat gigi pun ikut menentukan tingkat kebersihan gigi. Direkomendasikan untuk memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak melukai email gigi. Akan lebih baik jika kepala sikat gigi tersebut memiliki ujung kepala yang kecil sehingga dapat menjangkau kotoran yang letaknya di dalam.

Sikat gigi secara teratur
Menyikat gigi secara teratur juga dapat meminimalkan gigi berlubang. Direkomendasikan untuk menyikat gigi 2 x sehari untuk memperoleh perlindungan gigi yang maksimal.

Berkumur setelah makan
Berkumur setelah makan sangat dianjurkan agar kotoran-kotoran sisa makanan tidak menempel disela-sela gigi.

0 Response to "Cara merawat gigi dengan benar"

Posting Komentar