Latest Updates

Dampak buruk minum kopi

Pembaca artikel yang berjudul dampak buruk minum kopi sekalian, sudah menjadi tradisi dikalangan masyarakat bahwa minum kopi adalah suatu kebutuhan. Beberapa orang bahkan merasakan keluhan-keluhan tertentu saat mereka berhenti mengkonsumsi kopi. Sebenarnya kopi baik untuk kesehatan asalkan dikonsumsi sesuai aturan, namun kopi juga bisa merenggut nyawa kita jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dampak buruk minum kopi
Albert Mollon / Getty Images

Sudah banyak orang yang merasakan dampak buruk minum kopi, beberapa penelitian pun semakin memperkuat hal tersebut. Sebuah penelitian dilakukan cukup lama oleh Aerobics Center Longitudinal Study, yakni antara tahun 1979 sampai 1998 dengan sasaran para penikmat kopi aktif yang berusia 20 - 87 tahun. Dari hasil wawancara yang dilakukan, diperoleh data bahwa mereka yang berusia dibawah 55 tahun, rata-rata mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari.

Dengan kebiasaan mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir per hari tersebut memiliki resiko kematian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kopi kurang dari 4 cangkir per hari. Namun jangan terburu-buru menjatuhkan vonis kepada kopi, menurut Dr Carl Lavie, mereka (kopi) bukanlah penyebab kematian dari para responden tersebut. Hanya saja kopi dapat meningkatkan resiko kematian.

Bukannya mengkonsumsi itu tidak diperbolehkan, hanya saja kita perlu melakukan kontrol terhadap kebiasaan minum kopi tersebut. Para ilmuan menyarankan untuk mengkonsumsi kopi 1 sampai 2 cangkir per hari untuk menghindari / meminimalisir kemungkinan dampak buruk minum kopi tersebut.

Kabar baiknya adalah, para ilmuan yang lain juga mulai melakukan penelitian terhadap kebiasaan minum kopi tersebut untuk memastikan baik atau buruk kopi untuk kesehatan.

2 Responses to "Dampak buruk minum kopi"

  1. kopi baik jika dikonsumsi sedikit saja, lebih dari itu berdampak buruk, komentar balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus