Latest Updates

Ritual ngopi bagi para remaja

Perbedaan jaman ternyata juga menyebabkan perubahan kebiasaan bagi masyarakat. Dulu kebiasaan "ngopi" adalah ritualnya para bapak tiap malam untuk menghibur diri dan bersosialisasi dengan tetangga. Dulu kebiasaan ngopi identk dengan ronda malam, saat mendapat giliran ronda malam bapak-bapak seringkali melakukan "ritual ngopi" untuk mengusir rasa ngantuk. Sambil melakukan ritual ini mereka kadanag juga berdiskusi tentang beberapa permasalahan kehidupan, curhat dan beberapa masalah lainnya.
Ritual ngopi bagi para remaja
Setiap malam warung kopi selalu dipenuhi oleh bapak-bapak yang sedang asik bercengkrama antara satu dengan yang lainnya. Jadi, jangan harap dapat kita jumpai anak muda yang duduk manis diwarung kopi bersama para bapak ini. Seiring waktu berjalan dan jaman pun berganti, kebiasaan (ritual ngopi) ini mulai bergeser. Jika dulu sering kita temui bapak-bapak yang sedang ngopi di sebuah warung, kini pemandangan tersebut sangat jarang kita jumpai.

Anak muda jaman sekarang mulai menggeser kebiasaan tersebut, jika dulu ritual"ngopi" dilakukan oleh bapak-bapak setiap malam kini ritual tersebut dilakukan oleh para remaja. Hampir semua remaja menyukai dan menjalankan ritual ini, bahkan ada sekelompok remaja yang bersemboyan "tiada hari tanpa ngopi". Mereka lebih enjoy bercengkrama sambil ngopi dari pada hanya sekedar duduk-duduk dirumah.

Jika kita pelajari lebih lanjut kebiasaan seperti ini sebenarnya juga memiliki dampak positif dan negatif, tergantung pada masing-masing individu. Jika kita berbicara salah atau benarnya tentang ritual ini, maka hawabannya masih sama seperti tadi yakni " semua itu tergantung pada diri sendiri".
Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, remaja adalah generasi penerus... remaja yang baik akan membawa perubahan yang baik pula bagi bangsa dan negara.

0 Response to "Ritual ngopi bagi para remaja"

Posting Komentar