Latest Updates

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Banyak orang yang beranggapan bahwa terlalu sering begadang dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja begadang hanya untuk menurunkan berat badannya. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian, tidak selalu benar bahwa begadang dapat membuat orang mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan

Pada kenyataannya justru terlalu sering begadang dapat menyebabkan penambahan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimana ini bisa terjadi? Terlalu sering begadang memang dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penambahan berat badan. Saat malam hari seharusnya merupakan saat dimana tubuh dapat beristirahat, jika pada malam hari tubuh tetap beraktifitas tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh akan memerlukan "suplay" energi.

Ya.. suplay energi yang dimaksud disini adalah "makan". Nahhh.. jika pada malam hari kita masih makan / ngemil berlebihan (karena begadang), tidak menutup kemungkinan berat badan kita akan naik dengan cepat. Menurut Dr Jacob Teitelbaum, kurang tidur dapat mengacaukan hormon yang berfungsi untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu, masih menurut Dr Jacob Teitelbaum, rata-rata orang yang sering begadang mengalami kenaikan berat badan sekitar 2,7 kg.

Selain dapat mempengaruhi penambahan berat badan, terlalu sering begadang juga dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena fungsi kekebalan tubuh kita menjadi berkurang (akibat tubuh kurang istirahat) sehingga tubuh akan semakin rentan terkena penyakit.

0 Response to "Kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan"

Posting Komentar