Latest Updates

Kurang tidur bisa mengancam keselamatan jiwa

Tidur merupakan kebutuhan pokok manusia yang sudah tidak dapat ditawar lagi dan semua orang pasti memerlukan tidur. Perlu diketahui bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan kita, diantaranya : Meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan mental, mempromosikan otak yang sehat dan keselamatan kita.


Mari kita bahas satu per satu :

Meningkatkan kesehatan fisik
Tidur yang cukup akan mempromosikan kesehatan fisik yang baik. Tubuh kita bukanlah mesin, tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina yang terkuras setelah seharian penuh bekerja. Disamping itu, tidur juga sangat membantu proses penyembuhan bagi mereka yang baru saja sembuh dari penyakit. Dengan istirahat yang cukup tubuh kita akan mampu melakukan proses penyembuhan dengan maksimal.

Kesehatan mental
Tidur juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental kita. Dengan kualitas tidur yang baik, otak kita akan mendapatkan istirahat yang cukup sehingga akan mampu bekerja dengan optimal di esok hari. Perlu diketahui, orang yang kurang tidur memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena gejala depresi, stres dan perasaan takut yang berlebihan.

Mempromosikan otak yang sehat
Otak kita selalu aktif bekerja, bahkan saat tidur pun otak kita masih bekerja. Hanya saja kinerja otak saat kita tidur relatif lebih ringan dari pada saat kita sedang beraktifitas. Jika otak kita dipaksa untuk bekerja terus-menerus bisa mengakibatkan sel-sel otak mengalami penurunan fungsi. Akibatnya kita akan mengalami kesulitan dalam berfikir seperti : sulit mengambil keputusan, sulit untuk mendapatkan ide kreatif dll. Untuk itulah otak kita memerlukan istirahat yang cukup, yaitu dengan cara tidur.

Keselamatan
Tidur juga memiliki hubungan erat dengan keselamatan jiwa. Orang yang bekerja sebagai sopir, nahkoda kapal, pilot dan operator alat berat sangat memerlukan tidur yang cukup. Jika kebutuhan tidur tidak tercukupi bisa mengakibatkan pekerjaan yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Dampak terburuknya adalah bisa mengakibatkan terancamnya keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Demikian beberapa pembahasan tentang pentingnya tidur bagi kita, semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 Response to "Kurang tidur bisa mengancam keselamatan jiwa"

Posting Komentar