Latest Updates

Beberapa ciri gorengan yang berbahaya bagi kesehatan

Pada postingan lalu kita sudah membahas tentang "mengapa gorengan itu berbahaya untuk dikonsumsi", kita sudah mengupas tuntas alasan mengapa gorengan itu berbahaya bagi kesehatan dan bagaimana memilih gorengan yang baik. Memang tidak semua gorengan yang ada di pinggir-pinggir jalan itu berbahaya, namun ada baiknya jika kita bisa mengenali ciri-ciri gorengan yang kurang baik untuk kesehatan.

Beberapa ciri gorengan yang berbahaya bagi kesehatan

Berikut beberapa ciri gorengan yang tidak sehat tersebut :

Renyah tapi agak pahit
Ada baiknya sebelum memutuskan membeli sebuah gorengan, kita mencicipinya terlebih dahulu. Jika gorengan yang kita cicipi memiliki rasa renyah namun sedikit pahit, segera batalkan "niat baik" untuk membeli gorengan tersebut. Rasa renyah namun sedikit pahit merupakan efek dari kapur yang telah dicampur pada adonan gorengan dengan tujuan agar gorengan renyah dan tahan lebih lama (tetap renyah meskipun sudah dingin).

Warna menarik dan mengkilap
Jika kita berniat membeli sebuah gorengan untuk camilan di rumah, hendaknya perhatikan betul tampilan dari gorengan tersebut. Terkadang kita lebih memilih gorengan yang berwarna mengkilap karena dianggap menarik. Namun justru gorengan seperti itulah yang "wajib" kita hindari karena gorengan yang memiliki warna mengkilap disinyalir mengandung bahan plastik. Maksudnya, dalam minyak goreng yang akan digunakan untuk membuat gorengan tersebut sudah dicampuri plastik. Tujuannya? Ya itu tadi, agar hasil gorengan terlihat menarik dan mengkilap.

Bercak putih
Plastik yang dicampur dalam minyak goreng memang bisa menghasilkan gorengan yang menarik dan mengkilap. Namun plastik yang dilelehkan dalam minyak goreng ini tidak akan bisa melebur dengan sempurna, dia akan meninggalkan gumpalan-gumpalan putih kecil yang nantinya akan menempel pada kulit gorengan. Jika kita menemukan jenis gorengan seperti ini, sebaiknya kita mengurungkan niat untuk membelinya.

Bau yang menyengat
Jika kita menemukan gorengan dengan bau yang menyengat dan rasa yang tidak wajar atau terlalu berlebihan maka kemungkinan besar gorengan tersebut memiliki kandungan MSG yang terlampau tinggi. Perlu diketahui bahwa MSG merupakan zat yang bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Harga murah
Naahhh... Gorengan seperti ini sangat mudah dikenali. Jika menemui gorengan dengan harga yang "tidak wajar" atau terlampau murah, berhati-hatilah. Bisa jadi dalam adonan gorengan tersebut telah dicampur formalin dengan tujuan agar gorengan tersebut dapat bertahan hingga berhari-hari.

Sebenarnya untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut diatas cukup mudah. Jika kita memang ingin makan gorengan, tidak ada salahnya kan membuatnya sendiri dirumah. Gorengan yang dibuat sendiri sudah pasti terjamin kebersihannya.

0 Response to "Beberapa ciri gorengan yang berbahaya bagi kesehatan"

Posting Komentar