Latest Updates

Tips sehat untuk mengatasi Insomnia

Penyakit susah tidur atau biasa dikenal dengan nama insomnia merupakan penyakit yang sangat mengganggu sekali. Bagaimana tidak, saat kita seharusnya bisa tidur nyenyak, dengan adanya insomni ini tidur kita jadi terganggu. Insomnia ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia dan jenis kelamin.

Kabar buruknya adalah insomnia ini dapat menyebabkan beberapa masalah serius seperti depresi dan resiko serangan jantung. Saat kita memutuskan akan mengkonsumsi obat-obatan kimia, ada ketakutan tersendiri akan efek yang nantinya akan ditimbulkan oleh obat-obatan ini. Solusinya? Mungkin kita perlu mencoba cara alternatif tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia.

Tips sehat untuk mengatasi Insomnia

Matikan lampu kamar tidur
Kamar yang gelap akan mempermudah kita untuk dapat segera tertidur, selain itu tidur dengan lampu menyala juga kurang baik untuk kesehatan, seperti yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya. Namun jika kita mempunyai masalah dengan ruangan gelap, bisa juga dengan mengganti lampu kamar dengan lampu yang lebih redup (berwarna).

Hindari tidur sore
Usahakan agar tidak tidur lebih dari jam 3 sore karena hal ini akan mengakibatkan kita sulit tidur di malam harinya.

Hindari kafein sebelum tidur
Sebisa mungkin untuk menghindari asupan kafein sesaat sebelum tidur karena zat kafein akan membuat mata terjaga lebih lama dari biasanya.

Hindari merokok sebelum tidur
Merokok sebelum tidur dapat menyebabkan masalah pada pernafasan yang pada akhirnya akan mengganggu tidur kita di malam hari.

Mendengarkan musik klasik
Dengan memutar beberapa musik klasik sebagai pengantar tidur akan membuat otak kita lebih rileks, sehingga akan membuat mata lebih mudah terpejam.

Jika beberapa tips diatas tetap tidak bisa mengatasi gangguan insomnia, berkonsultasi dengan dokter adalah tindakan terbaik yang bisa kita lakukan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips sehat untuk mengatasi Insomnia"

Posting Komentar