Latest Updates

Tips untuk memilih powerbank

Bagi para pengguna smartphone (contoh : BlackBerry), memiliki powerbank adalah sebuah keharusan. Bagaimana tidak, untuk menjalankan fungsi optimal sebagai smartphone, gadget ini memerlukan asupan daya yang bisa dibilang cukup rakus jika dibandingkan dengan handphone biasa. Mengandalkan charger bawaan (asli) saja belum cukup, alasannya adalah : Jika kita berada didekat sumber listrik, bisa saja kita mengandalkan charger untuk mengisi baterai. Namun jika suatu saat kita berada ditempat yang jauh dari sumbe listrik, tentu saja kita harus menggunakan powerbank. Disini kita akan membahas beberapa tips untuk memilih powerbank agar nantinya powerbank yang akan kita beli dapat bertahan lama.

Tips untuk memilih powerbank
Chanyut Sribua-rawd / getty images

Beberapa tips untuk memilih powerbank tersebut antara lain :

Kapasitas powerbank
Sebelum membeli powerbank, sebaiknya kita melihat dulu berapa kapaitas baterai smartphone kita. Umumnya kapasitas baterai smartphone rata-rata adalah 1.500 mAh. Biasanya banyak penjual yang menawarkan powerbank dengan harga murah, namun perlu kita ketahui juga bahwa powerbank dengan bandrol harga relatif murah biasanya hanya memiliki kapasitas 2.000 mAh. Artinya powerbank tersebut hanya bisa kita gunakan untuk 1 x cas baterai (umumnya kapasitas baterai smartphone adalah 1.500 mAh). Mungkin akan lebih bijak kalau kita membeli powerbank dengan kapasitas diatas 2.000 mAh agar dapat digunakan untuk beberapa kali cas.

Merk
Mengingat bahwa banyak orang yang membutuhkan powerbank, produsen pun berlomba-lomba untuk membuat powerbank dengan harga murah dan digembor-gemborkan memiliki kualitas bagus. Namun perlu kita ketahui bahwa komponen utama dari powerbank adalah baterai, besar kemungkinan bahwa powerbank dengan harga murah dan kapasitas diatas 3.000 mAh memiliki kualitas baterai kurang bagus (mudah ngedrop).

Menurut survei, dari sekian banyak pengguna smartphone yang pernah menggunakan jasa powerbank, ada beberapa merk powerbank yang dianggap bisa diandalkan. 
Beberapa merk tersebut antara lain :
  • Yoobao
  • Hippo
  • Vivan
  • Dazumba
  • Cross
  • Huntkey
  • Gadmei
Garansi
Ada beberapa merk powerbank yang memberikan garansi selama kurun waktu tertentu, ada juga yang tanpa memberikan garansi sama sekali. Ada baiknya kita memilih powerbank dengan garansi untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk dikemudian hari. Ya, meskipun powerbank seperti ini (garansi) memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan powerbank non-garansi.

Demikian beberapa tips untuk memilih powerbank yang mungkin bisa membantu kita sebelum membeli powerbank. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya ..............

0 Response to "Tips untuk memilih powerbank"

Posting Komentar