Latest Updates

Penyebab sakit pinggang

Pernah merasakan sakit pinggang? jika iya maka sudah pasti tahu betapa tersiksanya jika kita sedang menderita sakit pinggang. Kita akan merasa serba repot saat melakukan aktivitas, sering merasa badmood, suka marah-marah tanpa sebab. Ya hal ini adalah beberapa efek dari sakit pinggang. Sebelum kita mencari solusi yang tepat untuk mengobati sakit pinggang, ada kalanya kita terlebih dahulu mencari penyebab sakit pinggang ini.

Penyebab sakit pinggang
Lee Edwards / getty images

Ada beberapa faktor yang merupakan penyebab sakit pinggang, diantaranya adalah :

Gangguan pada tulang
Cacat bawaan dari lahir juga dapat menyebabkan timbulnya keluhan sakit pinggang dimasa tua. Jika kita mengalami sakit pinggang dalam jangka waktu lama, ada baiknya kita mencari tahu apakah tulang kita memang ada kelainan. Hal ini dapat kita buktikan dengan melakukan ronsen.

Posisi yang salah
Saat kita sedang melakukan aktivitas berat, seperti mengangkat benda-benda berat dapat juga menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang. Terutama jika saat melakukan aktivitas tersebut kita berada pada posisi yang kurang tepat.

Banyak duduk
Terlalu banyak duduk juga kurang baik bagi kesehatan tulang belakang kita. Jika kita sering melakukan pekerjaan dengan duduk dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya diselingi dengan berjalan untuk beberapa saat. Misalkan setiap 1 jam kerja, cobala untuk melakukan gerak ringan, seperti berjalan untuk mengambil air minum atau sekedar menggerakan pinggang. Hal ini akan membantu meminimalisir serangan sakit pada pinggang.

Olahraga yang kurang
Apapun alasanya, melupakan olahraga demi pekerjaan bukanlah hal yang benar. Dengan berolahraga secara teratur akan membuat tulang-tulang kita senantiasa sehat, apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi makanan sehat (terutama makanan yang sehat untuk tulang).

Sepatu hak tinggi
Menurut beberapa penelitian, pemakaian sepatu berhak tinggi memang dapat menjadi pemicu datangnya sakit pinggang. Untuk itulah, demi kesehatan tulang sebaiknya jita menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi.

Demikian beberapa penyebab sakit pinggang yang perlu kita ketahui. Jika menginginkan informasi yang lebih lengkap, ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang.

Semoga bermanfaat .........

0 Response to "Penyebab sakit pinggang"

Posting Komentar