Latest Updates

Penyebab blog kita sepi pengunjung

Salah satu hal yang membuat para blogger frustasi adalah sedikitnya pengunjung dalam blog yang telah susah payah dibuat. Bagaimana tidak frustasi, setelah berjam-jam kita menulis artikel dengan setulus hati dan mencurahkan segenap pikiran kita malah tidak ada satupun pengunjung yang datang. Adakah yang salah dengan artikel kita? Kira-kira apakah penyebab blog kita sepi pengunjung dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab blog kita sepi pengunjung
Fred Froese / getty images

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab blog kita sepi pengunjung dan cara mengatasinya. Diantaranya adalah :

Jarang update
Setelah memutuskan untuk menjadi penulis blog, tetaplah berkomitmen untuk menulis dengan jadwal yang telah kita tentukan. Kebanyakan orang menjadi malas menulis ditengah perjalanan, hal ini sangat wajar karena menjadi penulis blog juga ada titik jenuhnya juga.

Salah satu hal yang menyebabkan kita malas untuk update adalah tidak ada ide-ide terbaru. Nah, jika kita merasakan bahwa otak kita telah kehabisan ide, cobalah jalan-jalan ke blog lain (blog walking) untuk memperoleh referensi / ide baru tentang topik yang nantinya akan kita tulis. Ingat blog walking bukan bertujuan untuk copas artikel, namun blog walking lebih bertujuan untuk saling silaturahmi antar blogger dan untuk memperoleh referensi.

Tampilan
tampilan sebuah blog juga sangat mempengaruhi minat untuk berkunjung kembali. Jika seseorang telah berkunjung ke blog kita dan mereka mendapati blog kita tidak cukup rapi dan terlalu membingungkan letak widgetnya, sudah pasti mereka enggan kembali lagi ke blog kita.

Untuk itulah, cobalah membuat tampilan blog serapi mungkin. Dengan tampilan rapi dan menarik akan membuat para pengunjung betah berlama-lama membaca artikel kita dan mereka akan kembali lagi nantinya. Kita juga harus pandai memilih template untuk blog, pilihlah template yang loadingnya ringan dan tampilan profesional.

Blog lambat
Blog yang loadingnya lambat mungkin disebabkan oleh terlalu banyaknya widget yang dipasang dalam blog tersebut. Biasanya para blogger baru / newbie lebih sering menambahkan pernak-pernik dalam tampilan blog sehingga akan memperberat loading blog itu sendiri.

Kebanyakan para pencari informasi tidak terlalu suka dengan blog yang lambat. Mereka akan mencari blog lain yang memiliki loading lebih cepat dari blog kita karena mereka menginginkan informasi secepatnya. Mereka tidak akan mau menunggu terlalu lama dalam memperoleh informasi yang diperlukan.

Artikel copas
Kebanyakan blogger baru lebih mengejar jumlah postingan. Jika cara yang digunakan salah (misalkan : copas) maka hal ini akan sangat mempengaruhi jumlah pengunjung. Untuk beberapa hari mungkin pengunjung akan terlihat menjanjikan, namun lama kelamaan pengunjung blog kita akan turun drastis karena Google paling tidak suka blog dengan artikel tidak unik (copas).

Tulislah artikel sendiri dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami akan membuat pengunjung betah berlama-lama membaca artikel kita. Selain itu jika kita menulis artikel itu sendiri (unik) dan meng-update nya secara rutin, pasti pengunjung blog kita akan naik dari hari ke hari.

Judul
Pemilihan judul juga sangat mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke blog kita. Dengan pemberian judul yang mudah di cari (SEO) maka artikel kita akan mudah ditemukan di search engine.
Untuk mengetahui bagaimana cara pemilihan judul postingan yang SEO telah kita bahas pada artikel sebelumnya. 

Demikian beberapa hal yang menjadi penyebab blog kita sepi pengunjung, semoga bermanfaat dan selamat mencoba tips dari Lieby News..... tetap semangat sobat blogger ...............

0 Response to "Penyebab blog kita sepi pengunjung"

Posting Komentar