Latest Updates

Stres penyebab kegemukan

Para pembaca artikel yang berjudul stres penyebab kegemukan sekalian, banyak orang yang menghindari beberapa makanan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu hanya untuk menurunkan nafsu makan. Menurut mereka dengan menurunkan nafsu makan akan dapat mengindarkan diri dari kegemukan. Namun benarkah hanya makanan saja yang membuat tubuh kita gemuk?

Stres penyebab kegemukan
Christopher Robbins / Getty Images

Salah satu penyebab kegemukan yang seringkali diabaikan adalah stres. Ya, stres penyebab kegemukan dan kabar buruknya adalah banyak yang tidak tahu bahwa stres dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Mari kita bahas bagaimana cara stres sehingga membuat tubuh kita menjadi gemuk :

Metabolisme tubuh terganggu
Betabolisme dalam tubuh akan dapat bekerja dengan baik jika hormon mampu bekerja dengan baik pula. Saat kita terkena stres, hormon tidak dapat bekerja dengan baik untuk menjalankan metabolisme sehingga tubuh akan kesulitan untuk membakar kalori, lemak dan gula yang ada dalam tubuh kita. Ya, seperti inilah cara stres sehingga pada akhirnya membuat badan kita menjadi gemuk.

Membuat otak menjadi bingung
Dampak lain dari kinerja hormon yang kacau adalah membuat otak kita menjadi bingung / kesulitan dalam menjalankan fungsinya. Otak kita akan kesulitan untuk menentukan apakah tubuh kita sedang lapar atau haus. Kabar buruknya adalah seringkali otak kita mengartikan keluhan tubuh tersebut sebagai "lapar", sehingga akan membuat kita begitu berkeinginan untuk makan.

Ngemil
Saat otak kita salah mengartikan sinyal dan pada akhirnya mendorong kita untuk makan lebih banyak. Namun tidak hanya sampai disitu cara stres menyiksa kita, setelah makan pun kita akan tetap ingin untuk ngemil. Akan lebih buruk lagi jika makanan kecil yang kita pilih banyak mengandung lemak.

Meningkatkan jumlah lemak diperut
Stres akan membuat produksi hormon kortisol semakin tinggi. Salah satu efek dari meningkatnya jumlah kortisol adalah penimbunan lemak di area perut dan lemak jenis ini akan sulit dihilangkan.

Setelah mengetahui bahwa stres penyebab kegemukan, usahakan meluangkan waktu sejenak untuk bersantai atau rekreasi bersama keluarga / orang-orang tercinta agar terhindar dari stres. Semoga bermanfaat...........

0 Response to "Stres penyebab kegemukan"

Posting Komentar