Latest Updates

Puasa dapat mencegah maag

Banyak orang merasa khawatir jika harus berpuasa karena "ancaman" penyekit lambung seperti maag. Dengan tidak makan seharian penuh membuat mereka berasumsi seperti ini. Tapi jangan salah, puasa justru mampu menghindarkan kita dari penyakit maag lho. Ya mungkin lebih tepatnya, Puasa dapat mencegah maag datang mengampiri kita.

Puasa dapat mencegah maag
OMG / Getty Images

Lho bagaimana bisa? Pendapat yang mengatakan bahwa Puasa dapat mencegah maag justru datang dari seorang ahli penyakit dalam Divisi Gastroenterologi RSCM-FKUI, Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB. Dengan tidak makan selama seharian penuh membuat lambung tidak terlalu banyak memproduksi asam lambung (produksi asam lambung yang berlebihan inilah yang menjadi penyebab utama sakit maag).

Saat perut kosong untuk jangka waktu sekitar 14 jam, tubuh kita memproduksi gastrin dalam jumlah lebih besar dari biasanya dan produksi asam lambung menjadi berkurang. Bahkan sekitar 60% orang dengan gangguan maag fungsional justru dapat sembuh dengan cara ini (berpuasa) dengan catatan mereka (penderita maag) harus tetap mengkonsumai obat maag saat sahur.

Dengan berpuasa secara rutin dan gaya hidup sehat, maka penyakit maag dapat disembuhkan. Saat sedang menjalankan ibadah puasa direkomendasikan untuk mengurangi atau kalau bisa menghentikan konsumsi nikotin (rokok) dan cafein (kopi). Jadi pendapat yang mengatakan bahwa Puasa dapat mencegah maag memang bukan hanya isapan jempol belaka. So, mari kita berpuasa...........

0 Response to "Puasa dapat mencegah maag"

Posting Komentar