Latest Updates

Mengucek mata dapat mengakibatkan kebutaan

Saat mata kita terasa perih dan gatal, hal pertama yang pasti akan kita lakukan adalah menguceknya berkali-kali. Selain dapat meredakan rasa gatal pada mata, mengucek mata juga terasa nikmat jika dirasakan. Namun, tahukah kita jika mengucek mata terlalu lama dapat berakibat fatal.

Mengucek mata dapat mengakibatkan kebutaan

Beberapa akibat buruk akibat mengucek mata, antara lain :

Mata mendapat tekanan yang berlebihan
Mata kita adalah organ yang sensitif, mengucek mata secara berlebihan dapat mengakibatkan mata mendapat tekanan 5 hingga 10 kali lebih besar dari pada keadaan normal. Jika hal ini (mengucek mata) terlalu sering dilakukan akan mengakibatkan rusaknya beberapa bagian penting mata.

Kebutaan
Mengucek mata secara berlebihan dapat mengakibatkan iritasi pada mata (contoh : glaukoma). Jika hal ini menjadi kebiasaan, hal terburuk yang dapat terjadi adalah kebutaan. Hemm... sangat mengerikan sekali bukan? Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat mata kita terasa perih dan gatal?

Yapzz.. sebuah pertanyaan yang sangat bagus sekali. Saat merasakan mata perih dan gatal, cobalah berkedip berkali-kali atau juga kita bisa menggunakan bantun obat tetes mata.

Untuk menjaga kesehatan mata kita sebaiknya hindari beberapa hal berikut ini :
  • Jangan tidur dengan posisi tengkurap (mata menempel ke bantal) karena mata akan mendapatkan tekanan yang lebih besar dari keadaan normal.
  • Hindari mengucek mata
  • Hindari olahraga dengan posisi tubuh terbalik (kepala dibawah), hal ini juga dapat memberikan tekanan berlebihan pada mata.
  • Hindari tempat atau ruangan dengan cahaya yang kuat
  • Mengkonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin A, contoh : wortel, pisang , tomat dll.

0 Response to "Mengucek mata dapat mengakibatkan kebutaan"

Posting Komentar