Latest Updates

Tips untuk mengontrol tekanan darah

Hipertensi (tekanan darah tinggi) adalah suatu kondisi dimana jantung memiliki beberapa kelainan yang pada akhirnya dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke. Orang yang memiliki gejala hipertensi tidak terlihat memiliki tanda-tanda atau gejala khusus, umumnya kondisi mereka terlihat normal. Hanya mungkin terasa pusing dikepala hingga pada suatu waktu, saat hipertensi mencapai stadium akut dapat merenggut nyawa seseorang. Itulah sebabnya hipertensi sering juga disebut "silent killer".

Tips untuk mengontrol tekanan darah

Hipertensi dapat diketahui jika kita memeriksakan tekanan darah ( tekanan darah normal yakni 120/80, jika tekanan darah kita lebih dari 140/90 kemungkinan kita sedang terkena gejala hipertensi). Namun, pada dasarnya hipertensi dapat kita kontrol. Ada beberapa cara untuk mengontrol hipertensi, diantaranya :

Makanan sehat
Untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, mengkonsumsi makanan sehat sangatlah diperlukan. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan. Sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh.

Menghindari alkohol
Perlu kita ketahui bahwa alkohol dapat mempengaruhi denyut jantung, membahayakan hati dan otak kita.

Mengurangi asupan sodium
Konsumsi sodium yang direkomendasikan adalah 2,4 gram/hari (1 sdt), namun bagi mereka yang memiliki gejala hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi kurang dari 2,4 gram/hari.

Berat badan stabil
Tekanan darah bisa meningkat seiring dengan pertambahan berat badan. Membatasi ukuran porsi makanan dan menghindari makanan tinggi kalori adalah pilihan cerdas yang bisa kita lakukan.

0 Response to "Tips untuk mengontrol tekanan darah"

Posting Komentar