Latest Updates

Sejuta manfaat ginseng untuk kesehatan kita

Ginseng sering dianggap sebagai "raja obat" oleh kebanyakan orang. Sebutan "raja obat" ini bukan tanpa alasan, ginseng memang terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis. Ada dua jenis ginseng paling populer, yakni ginseng Amerika (Panax quinquefolium) dan ginseng Asia (Panax ginseng). Kedua jenis ginseng ini diyakini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dibandingkan dengan jenis ginseng lain.

Sejuta manfaat ginseng untuk kesehatan kita

Ada beberapa manfaat penting dari ginseng untuk kesehatan kita, diantaranya :

Anti-depresan
Ginseng memiliki kandungan Ginsenosides yang telah terbukti mampu memberikan perasaan tenang dan nyaman sehingga gejala depresi akan dapat diminimalisir. Bagi kita yang selalu sibuk dengan berbagai macam pekerjaan, disarankan untuk mengkonsumsi ginseng secara teratur (3 x seminggu). Hal ini bertujuan untuk menghindari stres dan depresi.

Meringankan diabetes tipe 2
Menurut sebuah penelitian, ginseng mampu untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Namun penggunaan ginseng pada penderita diabetes harus dalam pengawasan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sistem kekebalan tubuh
Ginseng juga dipercaya mampu untuk memaksimalkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena ginseng memiliki sifat adaptogenik yang mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih. Dengan kekebalan tubuh yang baik maka kita akan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit seperti flu dan infeksi lainnya.

Pencegahan penyakit kanker
Untuk menghindari penyakit kanker, disarankan mengkonsumsi ginseng secara teratur. Ginseng memiliki sifat anti-kanker karena ginseng banyak mengandung ginsenosides (ginsenosides mampu mencegah pertumbuhan sel kanker). Namun bagi penderita kanker disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi ginseng sebagai pengobatan alternatif.

Jantung sehat
Ginseng Asia (Panax ginseng) dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Dengan kadar kolesterol yang stabil maka berbagai macam penyakit berbahaya seperti Penyakit jantung dan stroke akan dapat dihindari.

Catatan : Menurut sebuah studi klinis, para penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) tidak disarankan untuk mengkonsumsi ginseng karena disinyalir dapat memperburuk kondisi tubuh. Bagaimanapun juga, berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi ginseng adalah tindakan yang sangat tepat.

0 Response to "Sejuta manfaat ginseng untuk kesehatan kita"

Posting Komentar