Latest Updates

Tips untuk menghindari sakit kepala

Kadang kita merasa bingung dengan sakit kepala yang kita derita, sudah mencoba berbagai obat namun tak kunjung sembuh juga. Eitss.. sebelum mengambil langkah untuk mengobati sakit kepala, kita harus tahu dulu jenis sakit kepala apa yang sedang kita derita sehingga dapat memutuskan pengobatan yang tepat. Sakit kepala ada 4 jenis, yakni sakit kepala tegang, sakit kepala sinus, sakit kepala migrain dan sakit kepala cluster.

Tips untuk menghindari sakit kepala

Sakit kepala tegang
Sakit kepala ini menyerang pada kedua sisi kepala, rasa sakit dan pusing akan semakin terasa secara perlahan dan biasanya sering dimulai pada siang hari.

Solusi : Kita bisa menggunakan obat-obatan over-the-counter seperti acetaminophen untuk meredakan rasa sakit. Atau jika sakit tak kunjung reda, menghubungi dokter adalah pilihan terbaik.

Sakit kepala sinus
Sakit kepala sinus biasanya disebabkan oleh beberapa gejala flu seperti, hidung tersumbat dan demam.

Solusi : Untuk mengobati sakit kepala sinus ini, hendaknya terlebih dahulu kita mengobati gejala flu yang kita derita karena sakit kepala sinus disebabkan oleh beberapa gejala flu. Jika setelah gejala flu sembuh namun sakit kepala tetap terasa akan lebih baik jika kita berkonsultasi ke dokter terdekat.

Migrain
Sakit kepala migrain atau sakit kepalas sebelah bisanya ditandai dengan mual-mual, muntah dan kepekan berlebih terhadap cahaya.

Solusi : Kita bisa menggunakan bantuan obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen untuk membantu meringankan sakit kepala. Namun, jika obat-obatan tersebut tidak mampu meredakan sakit segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep baru yang lebih baik.

Sakit kepala cluster
Sakit kepala ini lebih sering menyerang kaum pria dan biasanya terjadi pada frekuensi yang sama dan berulang-ulang. Rasa sakit biasanya terjadi disekitar mata dan kepala bagian belakang.

Solusi : Akan lebih baik jika kita berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk masalah sakit kepala yang satu ini.

Untuk menghindari beberapa jenis sakit kepala tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :
  • Tidur siang dengan cukup
  • Tidur malam dengan cukup
  • Menghindari stres atau mencoba istirahat/refreshing.
  • Berolahraga secara teratur

0 Response to "Tips untuk menghindari sakit kepala"

Posting Komentar