Latest Updates

Ponsel bisa menyebabkan penyakit kanker?

Dengan adanya alat telekomunikasi canggih seperti ponsel, membuat hidup kita lebih mudah. Tidak perlu mengirim surat pada saudara yang jauh, cukup dengan menekan beberapa tombol pada ponsel dan....... kita sudah dapat berbicara dengan kerabat yang letaknya sangat jauh sekalipun. Sangat gampang bukan? Selain itu harga ponsel juga relatif murah dan hampir semua orang memiliki dan bisa mengoperasikannya.

Kabar buruknya adalah, ponsel dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker !!!! Lho kok bisa? Ponsel memiliki kemampuan untuk menghubungkan kita dengan orang yang jauh adalah karena sistem nirkabel-nya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa beberapa alat nirkabel yang ada pada ponsel menimbulkan radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Lalu apakah kita harus melupakan ponsel begitu saja?

Ponsel bisa menyebabkan penyakit kanker?

Efek radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel memang tidak dapat dihilangkan, namun setidaknya kita dapat meminimalisir dampak dari efek radiasi ponsel tersebut. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk meminimalisir efek radiasi ponsel, diantaranya ;

Menggunakan speakerphone atau sms
Kita berusaha untuk menjaga jarak dengan ponsel sebab setiap inci jarak kita dengan ponsel juga menentukan tingkat radiasi ponsel. Solusinya kita bisa menggunakan speakerphone untuk berbicara ataupun dengan mengirimkan pesan pendek (sms).

Beralih telinga
Jika suatu waktu kita sedang menerima telepon dan kita lupa membawa speakerphone, apakah kita harus memotong pembicaraan ditengah jalan? Ohh.. tidak, kita bisa menyiasatinya dengan beralih dari telinga kiri ke kanan dan sebaliknya secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membatasi kontak terlalu lama antara telinga dengan radiasi ponsel.

Hindari menggunakan ponsel ditempat sempit
Saat akan menerima telepon usahakan mencari tempat yang agak luas, hal ini bertujuan agar radiasi yang dihasilkan dari jaringan nirkabel ponsel dapat menyebar. Bayangkan jika kita menerima telepon di lift atau ruangan sempit lainnya, semua radiasi yang dihasilkan ponsel hanya akan berputar-putar ditempat tersebut dan pada akhirnya akan diserap oleh tubuh kita

Jauhkan ponsel dari tempat tidur
Jika sering meletakkan ponsel ditempat tidur dengan alasan apapun, maka hal tersebut dapat merusak kesehatan kita. Medan elektromagnetik dari ponsel bisa mengurangi produksi melatonin dalam tubuh sehingga dapat merusak kualitas tidur kita. Kabar buruknya adalah, dengan berkurangnya produksi melatonin dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya (contoh : kanker).

Jauhkan ponsel dari saku
Nah... justru hal inilah yang sering diabaikan. Hampir semua orang meletakkan ponselnya dalam saku dengan tujuan agar mudah dijangkau. Apapun alasannya, ponsel yang diletakan disaku sangat dekat sekali dengan kulit kita dan hal tersebut akan semakin mempermudah efek radiasi untuk masuk kedalam tubuh.

Yaa.. beberapa tips diatas semoga dapat membantu kita untuk meminimalisir efek radiasi dari ponsel. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ponsel bisa menyebabkan penyakit kanker?"

Posting Komentar