Latest Updates

Kuning telur dapat mencegah penyakit jantung

Pada postingan lalu kita sudah melakukan perbandingan untuk menentukan siapa yang lebih baik, putih telur atau kuning telur dan sudah dapat kita simpulkan jawabannya. Namun, tetap saja anggapan bahwa kuning telur merupakan pembawa kolesterol jahat masih ada. Mereka beranggapan bahwa kolesterol jahat dalam tubuh merupakan salah satu "sumbangan" dari kuning telur.

Kuning telur dapat mencegah penyakit jantung

Namun apakah kepercayaan tersebut benar adanya? Sebuah studi kedokteran Harvard menemukan tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung ataupun stroke. Sebenarnya tubuh kita sendiri pun memerlukan kolesterol untuk membangun dan menyembuhkan beberapa sel tubuh yang rusak. Kalaupun kita tidak mengkonsumsi kuning telur karena takut kadar kolesterol naik, tubuh kita sendiri pun juga akan tetap memperoduksi kolesterol secara alami. Namun jika kita mengkonsumsi kolesterol cukup baik maka produksi kolesterol dalam tubuh pun akan melambat.

Untuk meyakinkan bahwa kuning telur bukanlah tersangka utama yang harus bertanggung jawab terhadap naiknya kolesterol jahat LDL, University of Connecticut melakukan sebuah penelitian terhadap kuning telur dan putih telur. Hasilnya, orang yang mengkonsumsi kuning telur justru kolesterol baik HDL akan semakin meningkat dan kolesterol jahat LDL tetap. Sebaliknya orang yang mengkonsumsi putih telur, kolesterol baik HDL ataupun kolesterol jahat LDL tidak ada perubahan (tetap).

Perlu kita ketahui bahwa kolesterol baik HDL dapat dikaitkan dengan rendahnya resiko penyakit jantung. Jadi, masihkah menyalahkan kuning telur atas beberapa penyakit kronis tersebut?

0 Response to "Kuning telur dapat mencegah penyakit jantung"

Posting Komentar