Latest Updates

Khasiat daun peterseli untuk kesehatan kita

Jika ada sebuah pertanyaan : Dimanakah dapat kita temui daun peterseli? Sudah pasti sebagian besar orang akan menjawab "diatas piring". Ya.. sangat wajar jika banyak orang yang menjawab seperti itu sebab peterseli sering digunakan sebagai penghias makanan. Namun dibalik itu semua, ternyata peterseli menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat daun peterseli untuk kesehatan kita

Peterseli yang masih masuk dalam keluarga Umbelliferae merupakan ramuan yang sangat populer sejak jaman dulu. Orang romawi kuno menggunakan peterseli sebagai obat penawar racun, kadang mereka juga mengunyah beberapa daun peterseli sebelum meemulai pesta minum anggur. Tujuannya adalah untuk menghindari keracunan (mabuk berat) akibat banyak mengkonsumsi anggur.

Beberapa manfaat daun peterseli untuk kesehatan :
  • Menurut sebuah penelitian, peterseli memiliki kandungan minyak mirisitin yang sangat ampuh untuk menghambat pembentukan tumor paru-paru. Dalam minyak mirisitin banyak terkandung senyawa apigeninflavonoid seperti yang terkandung dalam beberapa buah dan kacang-kacangan.
  • Peterseli juga bisa dipakai sebagai obat diuretik alami sehingga sangat tepat jika digunakan dalam diet (menurunkan berat badan).
  • Dalam hal masakan, peterseli sebenarnya bukan hanya sebagai penghias untuk mempercantik sebuah menu makanan. Namun kita juga bisa menggunakan peterseli untuk meningkatkan rasa pada makanan sama halnya dengan fungsi garam dan gula.
  • Daun peterseli akan dapat berfungsi secara maksimal jika masih dalam bentuk segar, peterseli kering dipercaya telah banyak kehilangan beberapa zat yang penting bagi kesehatan.
Jadi, sudah waktunya kita membuka mata dan mulai menggunakan si peterseli secara maksimal. Sangat disayangkan jika kita hanya menggunakan peterseli sebagai penghias makanan saja.

0 Response to "Khasiat daun peterseli untuk kesehatan kita"

Posting Komentar