Latest Updates

Beberapa gejala kekurangan zat kalium

Kalium adalah salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh. Sangat banyak makanan dilingkungan kita yang mengandung zat kalium sehingga sangat disayangkan jika diantara kita ada yang kekurangan mineral ini. Berbicara tentang masalah kekurangan kalium, bagaimana dapat diketahui jika tubuh kita sedang kekurangan zat kalium? Adakah tanda-tandanya?

Beberapa gejala kekurangan zat kalium

Sebenarnya tanda-tanda kekurangan kalium dapat kita lihat, ada beberapa tanda-tanda jika seseorang kekurangan zat kalium, diantaranya :

Lemas dan kram otot
Kalium sangat penting untuk mengkondisikan kesehatan otot. Kekurangan zat kaliium menyebabkan kita menjadi lemas, tidak bersemangat dan kadang terjadi kram pada beberapa bagian tubuh.

Lumpuh
Jika tanda-tanda kekurangan kalium seperti lemas dan kram otot dibiarkan berlarut-larut bisa berakibat fatal (kelumpuhan).

Merusak otot
Kelumpuhan akibat kekurangan kalium dapat menyebabkan beberapa otot menjadi rusak. Bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan semua isi dalam otot keluar dan kondisi seperti ini dikenal dengan nama rhabdomyolysis.

Perut kembung
Otot-otot dalam lambung tidak akan berfungsi dengan maksimal jika asupan kalium terlalu rendah dan efeknya adalah rasa sakit, kembung, kram dan nyeri pada lambung.

Gangguan jantung
Seperti yang kita tahu bahwa kalium sangat berpengaruh pada kinerja otot termasuk otot jantung. Dengan rendahnya kalium yang masuk dapat mengakibatkan kinerja otot-otot jantung menjadi terganggu.

Gangguan ginjal
Ginjal akan kehilangan kemampuan untuk memproses urine. Akibatnya, tubuh akan kelebihan jumlah air dan kelebihan debit air dalam tubuh menyebabkan rasa pusing, mual, pingsan.

Kesemutan
Dengan terganggunya peredaran darah akibat kekurangan zat kalium, sering kali kita akan merasa kesemutan dan mati rasa.

0 Response to "Beberapa gejala kekurangan zat kalium"

Posting Komentar