Latest Updates

7 jenis ikan yang rendah merkuri

Sudah menjadi rahasia umum jika hewan laut, terutama ikan merupakan sumber protein yang baik dan rendah kalori. Namun berita buruknya adalah bahwa setiap ikan pasti mengandung merkuri yang berbahaya bagi kesehatan kita. Tapi jangan berkecil hati dulu, ada beberapa jenis hewan air yang memiliki kadar merkuri rendah dan masih ditoleransi untuk kita konsumsi asalkan kita tidak menghabiskan lebih dari 1 porsi setiap minggu.

7 jenis ikan yang rendah merkuri

Beberapa "calon makanan" kita tersebut antara lain :

Kepiting
Kepiting adalah salah satu makanan dari laut yang rendah merkuri, berita buruknya adalah bahwa kepiting memiliki kandungan natrium yang dapat memberatkan kerja ginjal.
Saran : untuk menghindari efek pada ginjal, sebaiknya jangan mengkonsumsi kepiting lebih dari 1 porsi seminggu.

Ikan lele
Ikan lele juga merupakan salah satu ikan yang rendah merkuri. Ikan lele sehat untuk dikonsumsi asalkan jangan mengkonsumsi ikan ini secara berlebihan karena bagaimanapun ikan ini juga mengandung merkuri, meskupun sedikit.
Saran : Akan lebih baik jika kita menjatuhkan pilihan pada lele tambak karena lele tambak memiliki kandungan merkuri lebih rendah dibandingkan dengan lele liar.

Kerang
Selain memiliki rasa yang lezat, karang juga memilki kandungan protein yang cukup baik. Berita baiknya dalah bahwa kerang memiliki kandungan merkuri yang cukup rendah.
Saran : Kerang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan asalkan tidak dikonsumsi lebih dari 2 porsi seminggu.

Ikan salmon
Ikan salmon kaya akan omega-3 yang sangat dibutuhkan tubuh kita, namun bagaimanapun salmon tetap mengandung merkuri meskipun dalam jumlah kecil.
Saran : untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari ikan salmon direkomendasikan untuk tidak mengkonsumsi ikan salmon secara berlebihan ( tidak lebih dari 2 porsi dalam satu bulan).

Ikan forel
Sama halnya dengan ikan salmon, forel ini juga kaya akan omega-3.
Saran : Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari ikan forel, disarankan untuk mengkonsumsi ikan forel kurang dari 2 porsi dalam satu minggu.

Ikan teri
Jangan meremehkan si ikan teri ini karena ikan ini kaya akan omega-3, asam lemak dan rendah merkuri.
Saran : Bagi mereka yang sedang dalam diet sodium disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan teri ini.

Tiram
Tiram juga kaya akan protein dan omega-3. Tiram baik untuk kesehatan asalkan hanya dikonsumsi tidak lebih dari 1 porsi dalam satu minggu.
Saran : Bagi mereka yang mengalami gangguan seperti immunodeficiency seperti AIDS atau kanker, disarankan untuk tidak mengkonsumsi tiram.

0 Response to "7 jenis ikan yang rendah merkuri"

Posting Komentar