Latest Updates

Sejuta manfaat minyak biji rami untuk kesehatan

Sejak jaman dahulu minyak biji rami dipercaya dapat membantu untuk menjaga kesetabilan kesehatan tubuh, obat pencegahan untuk berbagai macam jenis penyakit. Minyak biji rami berasal dari benih tanaman rami, minyak dari biji rami ini banyak mengandung omega-3, omega-6, vitamin B, potasium, lesitin, magnesium, serat, protein dan seng yang sangat diperlukan tubuh kita.
Sejuta manfaat minyak biji rami untuk kesehatan
Biji rami ini memiliki kandungan lignan, bahan kimia mirip estrogen yang berfungsi sebaagai antioksidan lebih banyak dibandingkan biji-bijian yang lainnya. Satu hal yang istimewa dari minyak rami ini adalah kandungan omega 3 yang lebih banyak bahkan dari minyak ikan sekalipun. Sebagian orang cenderung kurang menyukai minyak ikan karena memiliki bau yang sedikit amis.

Beberapa manfaat utama dari minyak rami ini antara lain :

Dengan mengkonsumsi minyak rami kita akan mendapat keuntungan bagi kinerja sistem kardiovaskular, sistem reproduksi, sistem saraf dan sendi seluruh tubuh. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kolesterol dan mencegah pembekuan darah di arteri. Disamping itu minyak rami juga kaya akan lignin yang dapat membantu kita terhindar dari kanker payudara dan usus besar.

Dr Budwig menemukan bahwa setelah tiga bulan pasien kanker makan diet sehat dan quark dengan dua sendok makan minyak biji rami setiap hari, keadaan mereka mulai membaik dan jumlah sel darah merah mereka kembali normal. Namun, menurut bukti lainnya, keamanan dan efektivitas tidak selalu terbukti dan penelitian sedang berlangsung.

Minyak biji rami memang memiliki manfaat kesehaatan yang luar biasa dengan catatan kita dapat menyimpannya dengan  benar. Nilai gizi minyak rami sangat mudah tersintesis dan rusak oleh cahaya, maka hendaknya kita menyimpan minyak biji rami dalam botol yang kedap udara dan menaruhnya di dalam lemari es.

Apakah minyak rami memiliki efek samping jika dikonsumsi?
Minyak biji rami bisa memiliki efek samping jika diminum dengan obat atau suplemen tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi minyak rami. Jika kita minum obat untuk pengencer darah, diabetes, kolesterol, obat anti-inflamasi atau obat untuk psoriasis, disarankan untuk tidak mengkonsumsi minyak rami.

Ada juga kemungkinan bahwa minyak biji rami tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan dengan beberapa penelitian menunjukkan meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur ketika dikonsumsi selama trimester kedua atau ketiga.

0 Response to "Sejuta manfaat minyak biji rami untuk kesehatan"

Posting Komentar