Latest Updates

Selai kacang buatan sendiri lebih sehat dan ekonomis

Selai kacang adalah makanan yang dapat dengan mudah dibuat di dapur kita hal ini dikarenakan tidak memerlukan banyak bahan. Membuat selai kacang sendiri juga akan memberikan alternatif sehat bagi kita. Memang benar kita dapat dengan mudah mendapatkan selai kacang ini di toko-toko sekitar rumah, namun selai kacang komersial banyak mengandung trans-lemak (lemak jahat seperti minyak terhidrogenasi), pengawet, garam dan gula. Dengan selai kacang buatan sendiri kita akan bebas dari bahan pengawet dan minyak terhidrogenasi.
Selai kacang buatan sendiri lebih sehat dan ekonomis
Jika dilihat dari segi ekonomi pun kita akan mendapatkan keuntungan yakni pembuatan selai kacang ini tidak memerlukan biaya yang mahal. Namun kita juga harus bisa memaklumi karena daya tahan selai kacang ini terbatas sebab selai kacang buatan sendiri tidak mengandung bahan pengawet. Dilihat dari segi rasa, selai kacang buatan sendiri akan terasasangat lezat.

Jika ingin membuat selai kacang, berikut ini ada resepnya :
Bahan:
  • Dua cangkir kacang mentah
  • 1 1/2 sdt minyak kacang atau minyak sayur
  • 1/2 sdt gula
  • Garam secukupnya
Cara membuat:
  1. Panggang kacang dalam oven (180 ยบ C) selama enam sampai delapan menit, ratakan kacang dalam panci setiap beberapa menit.
  2. Biarkan kacang dingin setelah dipanggang
  3. Tuang kacang goreng ke dalam food processor dengan pisau logam.
  4. Tambahkan sayuran atau minyak kacang. Tutup mangkuk dengan tutup food processor biarkan bekerja terus-menerus selama dua sampai tiga menit atau sampai campuran bentuk bola.
  5. Mengikis kacang cincang turun dari sisi mangkuk food processor ke bawah, sesuai kebutuhan. Lanjutkan pengolahan campuran sampai konsistensi yang diinginkan. Untuk selai kacang halus, kita mungkin harus mengolah campuran untuk jangka waktu lebih lama.
  6. Cicipi selai kacang yang baru dibuat dan menambahkan sedikit garam atau gula, jika diperlukan.
  7. Tambahkan sedikit gula merah, tetes tebu, atau madu jika kita lebih suka rasa manis.
  8. Sendok selai kacang ke dalam wadah kedap udara, dan menyimpannya dalam kulkas. Ini akan menjadi seperti pasta selai kacang.

0 Response to "Selai kacang buatan sendiri lebih sehat dan ekonomis"

Posting Komentar