Latest Updates

Penyebab kanker mata

Mata adalah salah satu aset terpenting bagi setiap mahluk hidup, termasuk manusia. Jika mata mengalami sedikit gangguan saja, akan membawa pengaruh yang sangat besar bagi anggota tubuh yang lainnya. Apalagi jika mata kita sampai terkena penyakit berbahaya seperti kanker mata, sungguh tidak bisa dibayangkan apa jadinya hidup kita. Sebenarnya apa sih kanker mata itu? Kanker mata adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang bagian mata (belakang) yang umumnya sangat peka terhadap cahaya. Lalu apakah penyebab kanker mata dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyebab kanker mata
Image Source / getty images

Umumnya anak-anak yang berusia dibawah lima tahun memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena kanker mata. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society, adasekitar 200 orang yang terkena penyakit ini (kanker mata) untuk setiap tahunnya. Kanker mata ini bisa menyerang salah satu mata atau bahkan menyerang kedua mata kita melalui saraf otak. Penyebab kanker mata juga sangat beragam.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker mata antara lain :

Mutasi genetik
Perubahan gen / mutasi gen juga dapat menyebabkan terjadinya kanker mata. Sel pada mata yang tumbuh secara tidak normal sangat mungkin untuk tumbuh dan bermutasi menjadi sel kanker.

Terlalu lama terkena sinar matahari
Jika mata terlalu lama terkena sinar matahari yang tajam akan dapat merusak beberapa bagian terpenting mata, hingga pada akhirnya akan dapat menyebabkan penyakit kanker mata.

Gizi buruk
Umumnya anak-anak berusia dibawah 5 tahun yang kekurangan gizi, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena penyakit kanker mata. Untuk itulah sebaiknya anak-anak dibawah usia 5 tahun harus diimunisasi secara teratur.

Kanker mata memang salah satu jenis penyakit langka (jarang terjadi) jika dibandingkan dengan beberapa jenis penyakit kanker lainnya. Namun demikian kita juga harus mewaspadai serangan penyakit ini. Jika anak-anak kita memiliki kelainan pada mata, seperti terjadinya penonjolan pada mata (seperti ada gumpalan didalam mata) sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk memastikan apakah hal tersebut gejala kanker mata atau tidak.

Setelah kita mengetahui beberapa faktor yang merupakan penyebab kanker mata, semoga kita menjadi lebih waspada terutama untuk jenis penyakit ini. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang penyebab terjadinya kanker mata dan cara pengobatannya, berkonsultasi dengan dokter adalah jalan terbaik yang bisa kita lakukan.

Semoga artikel ini bermanfaat .......................

0 Response to "Penyebab kanker mata"

Posting Komentar