Latest Updates

Tips untuk mengurangi gejala depresi

Bekerja merupakan kebutuhan setiap manusia, tanpa bekerja kita tidak akan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun perlu diketahui bahwa bekerja terlalu lama dapat mengakibatkan depresi, semakin lama waktu bekerja dalam satu hari maka semakin besar pula resiko untuk terkena depresi.


 Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang bekerja lebih dari 11 jam per hari memiliki lebih besar kemungkinan untuk terkena depresi dibandingkan mereka yang bekerja 7-8 jam per hari. Beberapa gejala depresi antara lain : lelah, lemas, mengalami gangguan tidur, tidak konsentrasi dan perasaan takut yang berlebihan.

Kita memang tidak bisa menghindari gejala depresi akibat bekerja, namun paling tidak kita dapat meminimalkan efek depresi tersebut. Beberapa tips untuk mengurangi gejala depresi, antara lain :

Mengatur jam kerja
Saat tiba dirumah, usahakan untuk tidak mengerjakan pekerjaan kantor. Kita harus bisa membagi waktu dengan baik, pekerjaan kantor harus diselesaikan di kantor sedangkan dirumah adalah waktu untuk beristirahat. Dengan demikian rasa lelah yang berlebihan akan dapat kita hindari.

Mendengarkan musik klasik
Saat mulai merasakan gejala stres, kita dapat menangkalnya dengan cara mendengarkan musik klasik atau musik favorit kita. Mendengarkan musik klasik disinyalir dapat menenangkan perasaan.

Mengatur waktu istirahat
Saat sedang sibuk dengan pekerjaan, usahakan untuk tidak melupakan waktu istirahat. Kita bisa mencoba berjalan disela-sela kesibukan kita (mungkin dengan membuat kopi atau mengambil minum), hal ini bertujuan untuk memperoleh suasana baru sehingga otak kita mendapatkan istirahat (rileks). Jika otak kita dipaksa terus menerus untuk bekerja maka bisa mengakibatkan stres ataupun depresi.

Olahraga teratur
Bagaimanapun melakukan gerak tubuh adalah solusi terbaik untuk meningkatkan kesehatan kita. Dengan badan dan jiwa yang sehat maka gejala stres ataupun depresi akan dapat kita hindari.

Liburan
Meluangkan satu hari dalam satu minggu untuk bersantai bersama keluarga sangatlah penting. Disamping dapat memperkuat ikatan batin dalam keluarga, liburan juga dapat membuat tubuh dan otak kita menjadi fresh sehingga kita akan siap untuk bekerja dengan maksimal di esok hari.

0 Response to "Tips untuk mengurangi gejala depresi"

Posting Komentar